Home Tutorial Cara Membeli Aplikasi di App Store Dengan Debit Rekening Bank

Cara Membeli Aplikasi di App Store Dengan Debit Rekening Bank

Cara Membeli Aplikasi di App Store Dengan Debit Rekening Bank

Kamu sering sekali melihat aplikasi dengan harga murah, atau bahkan aplikasi mahal yang sedang promo jauh dari harga normalnya. Apa yang kamu lakukan? Jika kamu punya kartu kredit, maka kamu bisa langsung membelinya dengan mudah. Bagaimana jika kamu tidak punya kartu kredit dan bersikeras ingin membelinya?

Kamu bisa menggunakan IGC alias iTunes Gift Card sebagai solusi untuk membeli aplikasi dan permainan yang ada di App Store. (Baca – Apa itu IGC dan cara membelinya). Apakah itu worth? Well, setidaknya tidak terlalu menguntungkan jika berurusan dengan hitung-hitungan. Penjual IGC biasanya mematok harga yang jauh lebih tinggi dari harga aslinya. Misalnya kredit Rp 200.000 bisa dihargai Rp 240.000. Lagi pula, IGC bisa berpotensi penipuan jika penjual tidak terpercaya, karena kebanyakan penjual IGC mengharuskan pelanggannya melakukan transfer tanpa ada jaminan apapun.

Namun, IGC punya kelebihan yaitu kamu tidak akan pernah overlimit. Misal kamu membeli IGC seharga Rp 100.000 maka kamu hanya bisa bertransaksi dengan total maksimal Rp 100.000. IGC itu mirip dengan pulsa namun hanya bisa digunakan untuk transaksi App Store dan iTunes Store. Apakah kamu ingin pembayaran semudah kartu kredit namun seaman dan senyaman IGC? Tentu saja bisa. Kamu pakai saja fasilitas Debit dari Bank di Indonesia.

Apa sih perbedaan pembayaran Kredit dengan Debit? Jika dengan menggunakan kredit, maka kamu menggunakan uang dengan cara berhutang dengan bank. Bank akan menagih tagihan bulanan sebanyak yang kamu gunakan. Kamu tidak perlu membuka rekening apapun untuk menggunakan fasilitas kredit ini. Sedangkan debit hampir sama dengan kredit, hanya saja sumber dananya dari rekening tabungan sendiri dan bukan hutang kepada bank.

Dengan menggunakan debit, maka akan mendapatkan kemudahan semudah menggunakan kartu kredit namun tagihannya dibebankan ke rekening. Jadi kita tidak akan mendapatkan tagihan hutang dari bank tiap bulan. Semua transaksi akan langsung diproses dengan memotong saldo di rekening kita. Tentu saja ini sangat menguntungkan terutama yang masih mahasiswa seperti saya.

Untuk menggunakan fasilitas debit dari bank, maka langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Kamu harus punya rekening dan kartu debit dari Bank lokal Indonesia. Kamu bisa menggunakan Bank apapun. Kalau saya sih menggunakan BNI dengan Tabungan Taplus.
  2. Akan lebih baik jika Bank kamu punya fasilitas khusus Debit Online. Misalnya adalah Bank BNI yang saya gunakan ini. Dengan fitur Debit Online, kita bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu debit kita akan diganti dengan nomor lain yang menggantikan data kartu debit kita dan menentukan limit penggunaan. Info tentang BNI Debit Online bisa kamu lihat di sini.
  3. Karena saya menggunakan BNI Debit Online, maka saya menggunakan data baru yang diberikan melalui SMS Banking.
    Cara Membeli Aplikasi di App Store Dengan Debit Rekening Bank
  4. Masuk ke App Store (dari iOS maupun dari iTunes di Mac/PC) lalu cari aplikasi atau game berbayar.
  5. Jika kamu mendapatkan peringatan untuk menambahkan informasi pembayaran, masukkan semua data kartu tersebut sebagai kartu pembayaran.
    Cara Membeli Aplikasi di App Store Dengan Debit Rekening Bank
  6. Langsung saja unduh aplikasinya dengan klik pesan konfirmasi.
  7. Kartu tersebut akan masuk ke metode pembayaran di akun kita. Kartu bisa digunakan untuk bertransaksi di App Store dan iTunes Store. Pastikan kartu sudah masuk di halaman kelola Apple ID -> Mengelola Apple ID
    Cara Membeli Aplikasi di App Store Dengan Debit Rekening Bank
  8. Kamu bisa bertransaksi sesuka hati dengan menggunakan rekening tabunganmu sebagai pembayaran debit.

Perlu diperhatikan juga, terkadang Apple menolak kartu debit tertentu. Apple memang lebih memprioritaskan kartu kredit daripada kartu debit. Selain itu, sangat disarankan jika Bank yang kamu gunakan memiliki fasilitas keamanan yang bagus. Debit online BNI yang saya gunakan ini hanya bisa digunakan transaksi satu kali dan dengan limit tertentu. Jadi dipastikan saya tidak akan mengalami rekening yang jebol. Info tentang BNI Debit Online bisa kamu lihat di sini.

Bagaimana? Sangat mudah kan?

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong