Sudah Banyak Operator Seluler yang Support eSIM iPhone, Indonesia?

Meskipun iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR memiliki dukungan Dual-SIM, namun fitur eSIM masih belum bisa dipakai karena harus menunggu update iOS berikutnya. Kini update iOS 12.1.1 sudah dirilis hari ini dan membawa dukungan eSIM untuk iPhone.

Hari ini Apple merilis update pada halaman web Apple Wireless Carrier Support, menambahkan keterangan operator apa saja yang sudah mendukung fitur eSIM di iPhone terbaru.

Di Amerika Serikat sendiri, baru AT&T saja yang baru mendukung eSIM. Berbagai operator besar lain seperti Verizon dan T-Mobile masih menunggu sedikit lebih lama lagi untuk bisa memberikan dukungannya.

Di Asia Pasifik sendiri, sudah ada 10 operator seluler dari 4 negara yang sudah mendukung, yaitu Hong Kong (China Mobile Hong Kong, 3, 1010 and CSL, SmarTone), Singapore (M1), Taiwan (APT), dan Thailand (AIS, dtac, True Move).

Indonesia sendiri hingga kini masih belum ada tanda-tanda operator pertama yang bakal mengimplementasikan eSIM di iPhone. Bahkan iPhone dengan dukungan Dual SIM juga belum dirilis resmi di Indonesia.

iPhone XS dan iPhone XR baru dibuka pre-ordernya besok pada 7 Desember 2018, dan tersedia di pasaran pada 14 Desember 2018. Sekedar informasi, eSIM (Embedded SIM) adalah teknologi selular yang tidak menggunakan kartu fisik. Hingga kini baru iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR saja yang sudah mendukung eSIM.

via Apple

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.