Qualcomm Pastikan 5G Hadir di 2019, Apple Siap Damai dengan Qualcomm?

Apple dulu adalah salah satu pelanggan terbesar Qualcomm. Namun semenjak keduanya berseteru, Apple sudah tak pernah menggunakan pasokan komponen dari Qualcomm lagi dan beralih ke pemasok lain.

Meskipun begitu, Apple juga tetap harus mengakui bahwa kualitas chip modem buatan Qualcomm sejauh ini masih yang terbaik. Nah, Qualcomm akhir-akhir ini memberikan kabar yang cukup mengejutkan mengenai teknologi 5G.

Ya, Qualcomm mengatakan bahwa di akhir 2019 mendatang berbagai smartphone Android yang menggunakan chip modem buatannya akan segera mendapatkan dukungan teknologi 5G.

Sebelum ini, Apple dikabarkan menunda pengembangan iPhone dengan dukungan 5G hingga 2020. Jika benar, maka kisah iPhone yang selalu ketinggalan dalam urusan adopsi teknologi seluler yang baru akan kembali terjadi.

Jika Apple ingin menjadi salah satu yang pertama, tentu saja Apple harus berdamai dengan Qualcomm. Apple dan Qualcomm memang akan melakukan sidang lanjutan pada April 2019. Apakah setelah itu mereka akan damai seperti sedia kala?

Untuk urusan implementasi teknologi seluler , Apple memang selalu terlambat. Sebut saja HSDPA yang baru hadir di iPhone 3GS tahun 2009 dan 4G LTE baru hadir di iPhone 4S di tahun 2011.

Namun Apple sendiri juga sepertinya tak terlalu khawatir karena kemungkinan besar baru beberapa negara maju saja yang sudah siap dengan 5G. Di tahun 2020 mendatang, iPhone 5G pertama akan dirilis ketika pasar sudah lebih siap untuk menerima teknologi 5G.

Bagaimana menurutmu?

via MacRumors

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.