Memori RAM di Mac Mini 2018 Bisa Ditambah dan Diganti dengan Mudah

Produk Apple memang terkenal sebagai salah satu produk yang sulit diupgrade. Kamu pasti merasakannya kan, khususnya pengguna Mac desktop dan MacBook, kamu sulit upgrade RAM, mengganti RAM, mengganti SSD, dan lain sebagainya.

Mac Mini 2018 sebagai produk terbaru dari Apple tentu saja memiliki sifat-sifat tersebut. Namun iFixit baru-baru ini membagikan dokumen terbaru mereka mengenai hasil pembongkaran Mac Mini 2018.

Dalam dokumen tersebut, mereka berpendapat bahwa ternyata memori RAM Mac Mini 2018 bisa diganti dengan mudah. Tentu saja dengan syarat menggunakan spesifikasi memori RAM yang sama.

Mac Mini menggunakan RAM tipe SODIMM seperti laptop pada umumnya. Spesifikasi RAM Mac Mini tersebut adalah 2666MHz DDR4. Ada sepasang slot RAM, sehingga kamu bisa dengan mudah menambah RAM Mac Mini dan juga mengganti RAM Mac Mini 2018.

Kamu hanya perlu sedikit usaha saja untuk membongkarnya. Untuk itu kamu perlu alat untuk membongkar Mac Mini 2018 dan mengganti RAM, seperti obeng Torx T5, T6, T10, dan Spudger. Dalam dokumentasi iFixit tersebut, cukup 12 langkah saja untuk mengganti RAM Mac Mini.

Memori RAM di Mac Mini 2018 Bisa Ditambah dan Diganti dengan Mudah

Selain memori RAM, tidak ada lagi yang bisa diganti dengan mudah. Misalnya saja SSD, kamu tidak akan bisa dengan seenaknya sendiri membeli SSD dan mengganti SSD bawaan Mac Mini.

Sekedar informasi, cara yang dilakukan iFixit ini bukanlah cara yang resmi diberikan oleh Apple ya. Untuk model Mac Mini 2018, Apple secara resmi hanya mengatakan bahwa Mac Mini harus dibawa ke Apple Store atau Apple Authorized Service Provider.

Mac Mini 2014 lebih parah lagi karena memang pada dasarnya tidak bisa diupgrade memori RAMnya, meskipun kamu bawa ke Apple Store. Mac Mini model 2012 dan yang lebih lawas saja yang bisa kamu upgrade sendiri, menurut dokumen resmi dari Apple di sini.

via iFixit

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.