MacBook Air 2018 Paling Murah Bisa Edit 4K Video dengan Lancar

MacBook Air 2018 adalah lini laptop Mac terbaru dari Apple yang baru diperkenalkan pada 30 Oktober yang lalu. Nah mungkin kamu bertanya-tanya, MacBook Air yang super tipis dan “murah meriah” tersebut bisa apa sih?

Sekedar informasi, MacBook Air 2018 terbaru ini memiliki harga paling murah sekitar $1199 yang membuatnya menjadi MacBook paling murah yang dirilis pada tahun 2018 ini.

Dilengkapi dengan spesifikasi yang tidak terlalu bagus, seperti Intel Core i5 1.6GHz, Intel UHD Graphic 617, memori 8GB, dan kapasitas peyimpanan 128GB, kira-kira MacBook Air 2018 ini bisa apa aja? Bagaimana dengan aktivitas berat seperti edit 4K video?

Sudah sangat wajar jika banyak orang langsung menanyakan ini. Mampu mengedit video dengan resolusi 4K dianggap sebagai salah salah standar minimal untuk sebuah komputer saat ini agar bisa dipandang bagus oleh para pengguna yang berkecimpung di industri kreatif, khususnya yang berhubungan dengan video editing.

Salah satu YouTubers, Kraig Adams yang fokus pada konten travel dan fotografi, telah menggunakan MacBook Air 2018 Retina Display. Kraig membagikan pengalaman menggunakan MacBook Air 2018 tersebut sebagai komputer andalannya yang baru.

Menurutnya, MacBook Air terbaru ini memang memenuhi standar minimal sebagai sebuah laptop bagus di era sekarang ini, khususnya dalam hal performa untuk kebutuhan edit video 4K.

Ditambah lagi, MacBook Air memiliki kelebihan di antaranya lebih ringan dari MacBook Pro, lebih tipis dan MacBook Pro, sama-sama mendukung Thunderbolt 3 untuk koneksi ke SSD eksternal berkecepatan tinggi, dan masih banyak lagi.

Intinya, jangan hanya terpaku dengan angka-angka pada spesifikasi di atas kertas, karena komputer Mac ini memang bukan sekedar hardware saja, melainkan sebuah ekosistem yang terdiri dari hardware dan software yang saling bekerja sama.

Kekurangan MacBook Air ini pada dasarnya hanya pada proses renderingnya saja. Wajar saja karena MacBook Air cuma dibekali kualitas CPU, GPU, dan memori yang tidak lebih baik dari MacBook Pro. Namun rendering video 4K berdurasi 10 menit hanya butuh waktu 15 menit sudah termasuk cepat untuk ukuran laptop tipis super ringan seperti MacBook Air 2018 ini.

Bagaimana menurutmu? Keren kan?

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.