T2 Security Chip di Mac Cegah Hacker Curi Data via Mic

Apple resmi memberikan teknologi T2 Security Chip pada komputer Mac terbaru mereka. Setelah MacBook Pro 2018, kini giliran MacBook Air 2018 yang mendapatkan update teknologi yang satu ini.

Meskipun dari namanya sudah jelas bahwa teknologi T2 Security Chip ini adalah teknologi keamanan, namun hingga kini belum diketahui secara pasti apa fungsi keamanan dari T2 Security Chip ini.

Akhirnya Apple buka suara. Dilansir dari dokumentasi terbaru Apple, teknologi ini punya fungsi untuk mencegah hacker maupun spy alias mata-mata mencuri data berupa suara di sekeliling pengguna dari rekaman mikrofon yang ada di Mac.

Selain itu, teknologi T2 Security Chip juga membantu Mac untuk melindungi kunci enkripsi Mac, memori storage, data sidik jari, dan juga fitur secure boot. Teknologi ini juga sepertinya akan segera diimplementasikan ke seluruh Mac di masa depan.

Selain akses mic, hacker dan mata-mata juga memiliki akses lain berupa kamera di Mac. Namun Apple mengatakan bahwa hal tersebut belum diperlukan, mengingat teknologi ini baru ada di MacBook, dan akses kamera akan terhalang ketika MacBook ditutup.

Lagi pula, Mac akan selalu menyalakan indikator lampu jika ada sesuatu yang mengakses kamera, atau memaksa kamera untuk bekerja dan aktif. Pengguna bisa melihatnya jika ada sesuatu yang aneh.

Namun tetap saja Apple perlu menambahkan keamanan ini di masa depan agar Mac benar-benar aman dari hacker dan mata-mata.

via The Verge

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.