Teknologi 5G mulai menjamah konsumen umum. Minggu lalu Xiaomi merilis smartphone 5G pertama yaitu Xiaomi Mi Mix 3. Akan tetapi teknologi 5G masih belum bisa dirasakan secara maksimal karena infrastrukturnya masih terbatas. Apple juga dikabarkan tengah menyiapkan iPhone dengan 5G, akan tetapi iPhone 5G tidak akan hadir sampai setidaknya tahun 2020.

Modem yang dirumorkan akan dipakai Apple untuk menangkap sinyal 5G adalah Intel 8161 yang dibuat menggunakan teknologi 10nm. Uniknya, saat ini Intel masih menguji seri pendahulunya yaitu Intel 8060 yang digunakan sebagai prototype iPhone 5G.

Dikutip dari Fast Company, Apple ternyata tidak suka dengan seri 8060 yang bermasalah dengan panas dan baterai. Meskipun tidak suka, Apple menolak berdiskusi dengan Qualcomm guna menyuplai modem 5G untuk iPhone. Jika Intel gagal mengatasi masalahnya, Apple akan menggunakan modem dari MediaTek.

Saat ini negara-negara maju telah bersiap untuk bermigrasi ke teknologi 5G. Smartphone 5G juga diperkirakan akan membanjiri pasar mulai tahun 2019 nanti. Nah, Indonesia apa kabar? Semoga masalah sinyal 4G kecepanan 3G segera teratasi ya.

via MacRumors

 

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.