Ada banyak fitur keren di iOS 12.1 tapi nggak semua iPhone kebagian fitur baru ini, seperti apa detail fiturnya dan apa aja iPhone yang kebagian, di video ini kita bakal bahas semua.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Group Facetime

Fitur pertama yang bisa kamu dapatkan di update ini adalah Group Facetime. Jadi kamu bisa video call rame-rame, maksimal sampe 32 orang, dan desainnya ini unik karena Facetime bakal mendeteksi siapa yang lagi ngomong, dan membuat tampilannya besar. Ini bagus kalo dipake buat video call rame-rame, terutama yang layarnya sampe penuh karena banyaknya orang. Jadi kamu bisa tau siapa yang lagi aktif ngomong.

Di tengah-tengah Facetime, kamu bisa nambah orang, atau mengirim iMessage langsung ke semua orang yang ikutan. Kamu juga bisa mengawali video call dari Group iMessage untuk langsung dilanjut ke Group Facetime. Dan tentu aja kalo kamu pake iPhone X atau yang lebih baru, maka kamu bisa pake animoji.

Tapi nggak semua iPhone kebagian fitur Group Facetime ini. Yang kebagian cuman iPhone 6s keatas. Buat yang gak kebagian, kamu masih bisa ikut Group Facetime, tapi nggak bisa nampilin video, jadi cuman bisa audionya saja. Dan tampilannya cuman diganti dengan icon serta nomor hape aja.

Real-time Depth Control

Fitur baru kedua, adalah real-time depth control di camera preview. Jadi kamu bisa secara real-time atur tingkat blur atau tingkat bokeh background, langsung dari camera preview. Fitur ini bisa kamu pake kalo lagi ambil foto portrait, baik di kamera belakang ataupun kamera depan. Lalu tap aja icon f-stop ini. Dan tinggal swipe aja ke kiri dan kanan untuk mengubah tingkat bokeh nya.

Tapi, lagi-lagi nggak semua seri iPhone kebagian fitur ini. Real-time Depth Control cuman hadir di lini iPhone terbaru yaitu iPhone Xs, Xs Max, dan iPhone Xr. iPhone X atau yang lebih lawas gak kebagian fitur ini.

Selain itu ada perbaikan juga di bug beautygate yang sempet viral beberapa waktu lalu. Jadi sekarang iPhone udah nggak lagi bikin kulit tampak lebih mulus.

70 Emoji Baru

Fitur baru ketiga adalah emoji baru. Ini ada banyak banget ya, mencapai 70 emoji baru. Kamu bisa cek aja, ada banyak simbol dan karakter baru di emoji kali ini. Misalnya aja ada emoji kedinginan, kepanasan, kemudian, merak, lalu super hero, dan masih ada banyak lagi.

CPU Throttling

Dan ini fitur keempat, yang sebelumnya cuman ada di versi iPhone 6 sampai iPhone 7, CPU throttling sekarang juga hadir iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X. Jadi kalo performa baterai kamu sudah buruk, maka iOS bakal otomatis memperlambat performa iPhone agar tidak mati mendadak atau mengalami permasalahan lainnya. Tetapi kamu bisa atur sendiri nanti apakah mau mengaktifkan fitur ini atau tetap memaksa iPhone berjalan maksimal apapun kondisi baterainya.

Validasi Baterai

Dan fitur baru kelima, ini di battery health iPhone Xs, Xs Max, dan iPhone Xr bakal ditampilkan notif seandainya baterai yang dipasang bukan baterai ori. Jadi seandainya suatu saat kamu beli second, atau servis ganti baterai, atau beli refurbished, dan ternyata baterainya bukan baterai Genuine Apple, maka bakal ada info yang bisa kamu temukan di Battery Health ini.

Dual SIM Support

Dan fitur keenam, ini sayang banget nggak bisa kita nikmati di Indonesia untuk saat ini. Di iPhone Xs, Xs Max, dan Xr yang versi Nano SIM + e-SIM, sekarang udah support dual SIM. Tetapi sekali lagi ini gak bisa atau belum bisa kita nikmati di Indonesia, karena emang belum ada operator yang support e-SIM. Smartfren beberapa kali sempat menyatakan kalo bakal support e-SIM ini, cuman belum tahu kapan realisasinya. Jadi untuk sekarang, kalo kamu pengen iPhone dual SIM, satu-satunya cara adalah beli iPhone Xs Max set Hongkong yang emang udah Dual Nano SIM.

Selain enam fitur baru tadi, ada banyak sekali perbaikan di iOS 12.1. Ada peningkatan tangkapan sinyal di iPhone Xs, Xs Max, dan Xr, kemudian sekarang orang tua bisa reset screen time passcode anak dengan Face ID atau Touch ID, serta berbagai perbaikan bug dan peningkatan performa lainnya.

Nah Itulah dia review iOS 12.1, sampaikan di kolom komentar kalo kamu nemu fitur baru. , Buat kamu yang belum update, silakan cek di Software Update, ukuran updatenya sekitar 475MB.