Home Editorial Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Ini adalah tahun 2016 dimana iPhone 6 / 6 Plus bahkan iPhone 6S / 6S Plus sudah dirilis. Namun bagi kamu yang punya budget terbatas tetapi tetap ingin bisa menikmati iPhone dan iOS nya, iPhone 5S bisa menjadi pilihan.

Saat ini iPhone 5S baru rata-rata dijual seharga 6 juta rupiah bahkan juga kurang. Harga ini masih jauh lebih terjangkau daripada iPhone 6S / 6S Plus yang merupakan seri paling gress saat ini.

Tetapi masih layakkah membeli iPhone 5S di tahun 2016 ini?

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menentukan layak tidaknya membeli iPhone 5S di tahun 2016 ini.

 

Harga Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dengan iPhone 6S / 6S Plus yang merupakan seri terbaru saat ini, tentu harga iPhone 5S jauh lebih terjangkau. Saat ini iPhone 5S baru di berbagai Apple authorized seller rata-rata dibandrol harga sekitar 6 jutaan atau kurang, cukup menarik dibandingkan dengan harga iPhone 6 yang masih diangka 9 – 10 jutaan, atau iPhone 6S yang masih di angka 12 – 15 jutaan.

 

Masih Berjalan Mulus

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Dengan processor Apple A7 1.3 GHz dual-core dan 1GB RAM, iPhone 5S masih sangat mampu menjalankan iOS 9.2 terbaru dengan super mulus.

Untuk masalah performa tidak ada yang perlu diragukan lagi. Meskipun dirilis pada akhir 2013 lalu, tetapi iPhone 5S masih sangat mumpuni untuk digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari di tahun 2016 ini.

 

Desain Elegan

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Berbicara seputar desain memang berbicara mengenai selera, terkadang penilaian orang yang satu dan lainnya berbeda. Tetapi menurut MacPoin, desain iPhone 5S masih terlihat elegan untuk ukuran smartphone saat ini.

Bentuk kokoh dengan balutan metal membuat iPhone 5S masih terlihat premium, bahkan setelah hampir 2.5 tahun dari masa perilisannya. Masih jauh lah dari kesan jadul.

 

Support iOS Terbaru (Beserta Apps nya)

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

iPhone 5S hingga saat ini masih support versi iOS terbaru. Artinya jajaran apps terbaru yang support iOS paling gress juga masih bisa dijalankan dengan baik di iPhone 5S.

Berbagai fitur iOS terbaru juga tetap bisa kamu nikmati di iPhone 5S, tentu saja selain 3D Touch yang memang membutuhkan hardware khusus.

Ssst..namun tahukah kau kalo kamu bisa menikmati fitur 3D Touch tersebut dengan iOS Jailbreak melalui long press?? Kita akan bahas lebih jauh nanti.

 

Kamera Mumpuni

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Dengan kamera belakang 8MP dan kamera depan 1.2MP, iPhone 5S masih mumpuni untuk digunakan jeprat-jepret foto, merekam video, ataupun melakukan video call.

Tentu kualitasnya sangat jauh jika dibandingkan dengan iPhone 6S / 6S Plus yang dilengkapi dengan kamera belakang 12MP dan kamera depan 5MP. Tetapi percayalah, untuk penggunaan sehari-hari kamera iPhone 5S sudah mumpuni sekali.

 

Layar Terasa Kecil

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Untuk ukuran smartphone rata-rata saat ini, ukuran layar iPhone 5S yang hanya 4 inch jadi terasa kecil. Meskipun kamu bisa membiasakan diri dengannya, tetapi iPhone 6 atau 6S dengan layar 4.7 inch terlihat lebih familiar untuk digunakan saat ini.

Browsing web atau bermain game pun terasa lebih puas saat dilakukan di iPhone 6 / 6S dibandingkan dengan di iPhone 5S.

 

Tidak Ada 3D Touch

Membeli iPhone 5S di Tahun 2016, Masih Layakkah?

Berbeda dengan iPhone 6S / 6S Plus yang dilengkapi dengan fitur 3D Touch, iPhone 5S dan iPhone 6 / 6 Plus tidak memiliki hardware yang mendukung untuk penggunaan fitur ini.

Untuk saat ini manfaat penggunaan 3D Touch memang belum luas, tetapi kedepannya sepertinya fitur ini bakal menjadi sesuatu yang penting dan layak untuk diperhitungkan.

 

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan layak tidaknya kamu membeli iPhone 5S di tahun 2016.

Kalo MacPoin menyimpulkan bahwa iPhone 5S masih sangat layak dimiliki di tahun 2016 ini. Selain karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan seri iPhone yang lebih baru, secara fungsional iPhone 5S juga masih berjalan mulus dan mumpuni untuk digunakan di berbagai keperluan saat ini.

Tentu jika yang kamu butuhkan adalah layar smartphone berukuran besar dan ingin menikmati teknologi 3D Touch terbaru, maka iPhone 6S / 6S Plus lah yang paling cocok buat kamu.

Tetapi jika yang kamu butuhkan adalah iPhone yang mulus, fungsional, dan memiliki harga terjangkau, maka membeli iPhone 5S sangat layak untuk kamu pertimbangkan.

Bagaimana dengan pendapat kamu, masih layakkah iPhone 5S dibeli di tahun 2016 ini?

Bagikan pendapat kamu disini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.