Fitur Pendeteksi Jatuh Apple Watch Sukses Selamatkan Nyawa Pengguna

Apple Watch Series 4 dilengkapi dengan fitur pendeteksi jatuh. Fitur tersebut diklaim bisa memberikan pertolongan berupa pengiriman sinyal SOS ketika terdeteksi pengguna jatuh secara tidak wajar.

Berdasarkan pengujian laboratorium, memang benar fitur ini bermanfaat. Bagaimana dengan kenyataan di lapangan? Apakah sudah ada bukti? Kali ini fitur tersebut terbukti sukses menyelamatkan nyawa salah satu penggunanya.

Pria bernama Gustavo Rodriguez dilaporkan sedang memasak, lalu ia merasakan sakit di punggungnya dan tak menghiraukan rasa sakit itu. Namun sakit punggungnya tersebut ternyata bukan sakit punggung biasa.

Saking sakitnya, dia yang makin tak tahan langsung jatuh ke lantai ketika kompor untuk memasaknya masih menyala. Fitur pendeteksi jatuh di Apple Watch Series 4 miliknya mengirimkan pemberitahuan untuk menawarkan panggilan gawat darurat.

Dia memilih untuk menghubungi ibu mertuanya terlebih dahulu melalui Apple Watch karena iPhone miliknya ada di ruangan lain yang mana dia tak sanggup untuk berjalan ke sana.

Tiba-tiba ada petugas kesehatan rumah sakit yang datang dengan menggunakan ambulans. Dia langsung mendapatkan penanganan untuk meredakan nyeri punggunya tersebut. Ternyata fitur panggilan darurat otomatis akan aktif jika pengguna terdeteksi jatuh dan tidak merespon alarm dalam beberapa menit.

Ini menjadi prestasi tersendiri bagi Apple karena berhasil menghadirkan fitur yang sangat bermanfaat. Entah apakah fitur ini juga bisa digunakan di Indonesia atau tidak, bagaimana menurutmu?

via 9to5mac

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.