3 Alasan Apple Mending Buat Prosesor Mac Sendiri, Buang Intel Jauh-Jauh

Intel Core i9 adalah prosesor seri Intel Core paling cepat saat ini. MacBook Pro 2018 adalah model pertama yang mendapatkan kehormatan untuk menggunakannya meskipun Intel Core i9 sudah dirilis beberapa bulan sebelum MacBook Pro 2018 dirilis.

Meskipun Intel Core i9 ini memiliki performa yang super kencang, namun Apple sering diberitakan tetap tidak puas dengan Intel. Apakah performa Intel Core i9 ini kurang kencang atau bagaimana? Mengapa Apple selalu diisukan akan merancang prosesor buatan mereka sendiri untuk Mac dan menggantikan Intel?

Berikut ini adalah 3 alasan mengapa Apple sebaiknya rancang prosesor Mac milik mereka sendiri untuk gantikan prosesor Intel.

 

Intel Payah!

Apple dan Intel adalah dua perusahaan yang berbeda. Apple tidak bisa berbuat banyak ketika menginginkan sesuatu namun Intel belum siap. Ya, Intel dan Apple akhir-akhir ini seolah saling kejar – mengejar. Namun menurut Apple, justru Intel yang kini bergerak lambat.

Hal ini karena Apple harus menunggu dulu seperti apa chip dan prosesor Intel terbaru yang akan dirilis nanti. Setelah Apple mendapatkan purwarupa untuk pengujian berbagai fitur Mac baru, bisa jadi fitur ini kurang begitu bagus di prosesor Intel. Bisa dibilang, inovasi Apple sering terhambat karena Intel yang “kurang mampu” diajak berlari.

Apple juga perlahan mengakalinya dengan membuat sendiri chip-chip tambahan, seperti Apple T1 atau Apple T2 di lini teratas dari komputer Mac dan MacBook keluaran terbaru. Hal ini juga untuk menutupi inovasi mereka yang terhambat prosesor utama Intel.

Masih ingat dengan kasus Meltdown dan Spectre kemarin? Bug tersebut bukanlah bug di level platform atau sistem operasi, melainkan memang cacat pada prosesornya. Intel adalah prosesor yang juga kena bug ini. Dengan demikian, semua komputer yang menggunakan prosesor Intel, baik yang menggunakan Windows, macOS, atau bahkan Linux juga kena semua.

 

Apple Sudah Jauh Lebih Kuat

Ketika di era PowerPC dulu, Apple menganggap peralihan dari prosesor PowerPC ke prosesor Intel adalah sebuah langkah maju. Hal ini karena Intel dianggap memiliki masa depan yang lebih baik ketimbang PowerPC meskipun PowerPC punya segudang kelebihan beberapa tahun terakhir waktu itu.

Karena menggunakan prosesor Intel, maka berbagai macam fitur dan teknologi baru mulai bisa diimplementasikan ke komputer Mac. Salah satu yang paling dinantikan pengguna adalah kemungkinan untuk menginstal Windows di Mac, secara resmi dan tanpa teknik hack apapun.

Kini Apple juga sudah punya lini produk lain, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Apple mengembangkan prosesor milik mereka sendiri. Hasilnya? Integrasi yang kuat antara hardware dan software buatan sendiri mampu menghasilkan produk dengan performa dan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Kamu pasti sudah tak asing lagi jika spesifikasi hardware iPhone yang cenderung biasa saja, bisa mengalahkan smartphone Android dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi. Tentu hal ini karena Apple bisa mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras milik mereka sendiri, dan mereka bisa berinovasi sesuka hati tanpa ketergantungan yang berlebihan pada pihak ketiga.

Selain perangkat iOS, Apple juga merancang sendiri prosesor Apple Watch, Apple TV, dan lain-lain. Pengalaman Apple dalam merancang prosesor di perangkat Apple lainnya itulah yang ingin dibawa ke komputer Mac. Jika Apple menggunakan prosesor buatan mereka sendiri di Mac, bisa jadi kita akan melihat MacBook super tipis yang punya performa lebih kencang dari PC dengan prosesor Intel Core i9 terbaru.

 

Komputer Mac Berbeda dengan PC Windows

Sudah bukan rahasia lagi jika Intel adalah andalan komputer dan laptop Windows. Pangsa pasar Intel saja jauh mendominasi jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, yaitu AMD. Jadi jangan heran jika inovasi Intel selalu lebih fokus ke Windows.

Prosesor Intel memang cepat dan selalu menghadirkan teknologi terbaru yang sangat bagus. Bahkan prosesor Intel Core i9 terbaru juga sudah hadir di MacBook Pro terbaru. Namun fokus Apple bukan cuma masalah performa saja, tetapi inovasi secara keseluruhan. Apple yang terkenal dengan ekosistem yang serba tertutup memang akan jauh lebih baik jika mereka merancang sendiri prosesor untuk Mac ketimbang terus bergantung pada Intel.

Nah bagaimana menurutmu mengenai rumor Apple akan membuang prosesor Intel di Mac dan beralih ke prosesor buatan sendiri?

via Bloomberg, The Verge

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.