Home Review Review Groove Music di iOS

Review Groove Music di iOS

Review Groove Music di iOS

Layanan musik streaming seperti Apple Music dan Spotify sangat digandrungi pengguna iOS akhir-akhir ini. Berbagai layanan lain seperti JOOX dan lain-lain juga mewarnai persaingan layanan streaming musik. Namun di antara semuanya, kamu mungkin tidak ingat atau bahkan tidak mengetahui bahwa Microsoft juga memiliki layanan musik buatan mereka.

Jauh sebelum era Spotify dan Apple Music, Microsoft sudah mempunyai layanan hiburan mereka. Microsoft sudah memiliki layanan Xbox yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Layanan hiburan Xbox dari Microsoft terdiri dari trio Xbox Games, Xbox Music, dan Xbox Video. Xbox Music adalah layanan eksklusif sejenis Spotify dan Apple Music yang pada awalnya hanya eksklusif di platform Microsoft.

Semenjak era kepemimpinan Satya Nadella, Microsoft mulai terbuka dengan banyak platform. Layanan Xbox Music diubah menjadi Groove Music lalu dirilis ke berbagai platform seperti iOS, Android, dan tentu saja Windows 10 dan Windows 10 Mobile.

Menilik layanan Groove Music, layanan ini begitu tidak terdengar namanya di Indonesia. Hal ini wajar karena Microsoft memang sampai sekarang (mau sampai kapan sih….???) masih belum merilisnya di Indonesia. Padahal layanan ini sudah cukup lama dan sudah cukup punya nama di regional Amerika Utara.

Untuk mencoba Groove Music, kamu harus mengunduhnya dengan menggunakan Apple ID region US atau region lain yang didukung. Setelah mengunduhnya, tentu saja kamu harus masuk dengan akun Microsoft. Jika kamu sudah pernah menggunakan Groove Music atau Xbox Music sebelumnya, pastikan kamu masuk dengan akun yang sama agar semua file yang sudah kamu miliki ikut terbawa ke Groove Music ini.

Review Groove Music di iOS

Aplikasi ini tampil sangat sederhana. Tampil dengan warna dominan gelap membuatnya terasa enak dilihat khususnya di tempat yang minim cahaya. Menu hamburger juga sangat sederhana dan memungkinkan semua tampil dalam tampilan yang ringkas.

Review Groove Music di iOS

Aplikasi ini bisa kamu nikmati secara gratis meskipun tanpa langganan Music Pass, namun kamu hanya bisa menggunakan layanannya dengan sangat terbatas. Berhubung saya tidak memiliki langganan Music Pass, saya tidak bisa menikmati layanan Radio dan beberapa layanan lainnya.

Review Groove Music di iOS

Secara keseluruhan, Groove Music ini cukup bagus secara aplikasi namun secara layanannya masih kalah dengan Apple Music maupun Spotify. Ditambah lagi dengan dukungan region yang lebih sedikit membuatnya terasa sangat sulit diterima oleh kebanyakan pengguna di seluruh dunia.

Bagaimana? Apa kamu suka dengan Groove Music?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode