Pengguna Android Kini Loyal, Lebih Sulit Beralih ke iOS

CIRP hari ini mengeluarkan laporan baru mengenai tingkat loyalitas di antara para konsumen perangkat smartphone. Apple memang terkenal sering mengincar para pengguna Android yang dianggap “sering kesal” dengan smartphonenya karena tak memberikan pengalaman terbaik.

Dalam laporan terbaru tersebut, pengguna Android memiliki tingkat loyalitas mencapai 92%, lebih tinggi dari tingkat loyalitas pengguna iOS yang “cuma” memiliki loyalitas sebesar 89%.

Informasi tersebut dibuat berdasarkan data terakhir yang diambil hingga periode September 2018. Tingkat loyalitas pengguna perangkat mobile memang terus naik turun dan sulit diprediksi sebelum perusahaan pembuat perangkat mobile terkait mengeluarkan produk baru atau kebijakan baru.

Misalnya saja pengguna iPhone yang mengetahui fakta bahwa kinerja iPhone diperlambat di iOS 11, tingkat loyalitas pengguna iPhone langsung menurun. Namun tingkat loyalitas tersebut naik lagi ketika iOS 12 dirilis dan membuat perangkat iOS jadi lebih kencang.

Jika hasilnya seperti ini, maka sangat sulit bagi Apple yang sering mengincar para “switcher”, sebutan bagi pengguna Android yang beralih ke iOS. Apple harus berusaha lebih keras lagi.

Di Indonesia sendiri, pasar iOS secara umum memang tak terlalu tinggi. Hal ini karena Apple memang selalu bermain di pasar kelas atas. Pengguna Android ada di mana-mana. Meskipun begitu, pangsa pasar Android di pasar kelas atas juga tidak terlalu dominan, baik di Indonesia maupun di kebanyakan negara lain.

via 9to5mac

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.