Apple Beli Spektral, Startup Teknologi ML buat Edit Foto
via 9to5mac

Apple memang akhir-akhir ini cukup sering melakukan akuisisi perusahaan atau startup kecil, yang pada akhirnya digunakan untuk memperkaya fitur dan teknologi yang ada pada platform dan layanannya.

Kini Apple secara rahasia sudah mengakuisisi sebuah startup dari Denmark yang bernama Spektral dengan nilai akuisisi mencapai $30 juta. Spektral memiliki teknologi khusus yang bisa mengedit foto secara cepat.

Teknologi yang diberi nama CloudCutout ini menggunakan bantuan Machine Learning (ML) untuk bisa mengambil objek orang dan meletakkannya pada background tertentu. Karena menggunakan ML, maka tak perlu bantuan edit secara manual yang memakan waktu.

Teknologi CloudCutout bekerja di server ketika pengguna mengirimkan gambar untuk diedit. Spektral bahkan berani mengklaim bahwa CloudCutout bisa bekerja secara langsung alias realtime.

Apple hingga kini belum memberikan komentar apapun mengenai akuisisi Spektral ini. Jika benar, maka Apple memang ingin meningkatkan fitur editing foto yang ada di platformnya, khususnya di iOS.

Apple mungkin saja sudah menggunakan teknologi dari Spektral ini di beberapa fitur terbaru untuk iPhone, seperti fitur Memoji di iOS 12 atau Portrait Mode yang lebih baru pada iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

Bagaimana menurutmu mengenai akuisisi ini? Fitur apakah yang akan dihadirkan Apple ke berbagai platformnya?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

via 9to5mac

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.