Apple Akan Hilangkan App Store dari iTunes Affiliate Program

iTunes Affiliate Program adalah program yang diberikan oleh Apple kepada siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan jalan bergabung menjadi publisher dan mempromosikan berbagai macam konten dari Apple, mulai dari aplikasi di App Store, konten musik, film, dan masih banyak lagi.

Untuk setiap konten yang dipromosikan tersebut, sang publisher akan mendapatkan komisi ketika ada orang lain yang membeli konten tersebut dari link afiliasi kita. Komisi yang diberikan sekitar 7%, dan sempat diturunkan menjadi 2.5% beberapa waktu yang lalu, dan naik lagi menjadi 7% karena diprotes banyak pihak. Kali ini, ada sedikit kabar yang kurang menyenangkan.

Apple berencana untuk menghapus aplikasi iOS dan aplikasi Mac dari program iTunes Affiliate Program. Penghentian ini akan mulai berjalan pada 1 Oktober 2018 mendatang. Meskipun demikian, untuk konten lain seperti buku, musik, film, dan lain-lain dari iTunes masih akan termasuk ke dalam program ini.

Pengumuman tersebut dikirim ke seluruh publisher yang terdaftar. Apple mengatakan bahwa mereka akan menghapus aplikasi di macOS dan iOS dalam program iTunes Affiliate Program, namun tetap mempertahankan konten lain selain aplikasi.

Salah satu alasannya adalah karena Apple sudah memiliki fitur “Discovery” di App Store di iOS 11 dan juga Mac App Store pada update macOS Mojave. Dengan demikian, promosi dari pihak yang tergabung ke dalam affiliate program dianggap menjadi kurang begitu relevan lagi.

Kini untuk kamu yang tetap mengandalkan penghasilan tambahan dari iTunes Affiliate Program ini, kamu sudah harus siap-siap untuk beralih mempromosikan konten lain, selain konten aplikasi.

via Apple Insider

  6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.