Hore! Masalah Throttling di MacBook Pro 2018 Sudah Beres

Apple hari ini merilis update software untuk pengguna MacBook Pro 2018 dengan Touch Bar. Update yang diberi nama “macOS High Sierra 10.13.6 Supplemental Update for MacBook Pro (2018)” tersebut diklaim Apple mampu memperbaiki throttling MacBook Pro yang membuat kinerja lambat.

Sekedar informasi, MacBook Pro dengan prosesor Intel Core i9 ini memiliki performa yang sangat kencang. Namun karena suatu hal, diduga tak mampu menahan panas berlebih karena aktivitas berat, menyebabkan sistem terpaksa memperlambat kinerja MacBook Pro. Tujuannya adalah untuk melindungi MacBook Pro dari produksi panas yang semakin tidak terkontrol.

Sebelum Apple merilis patch ini, beberapa orang di situs reddit juga mengatakan bahwa masalah MacBook Pro yang lambat ini sebenarnya bukan thermal throttling, tetapi karena Voltase Regulator Module (VRM). Dengan sedikit trik seperti mengedit hex value, masalah throttling ini bisa teratasi. Namun cara tersebut tidak disarankan karena memerlukan pengetahuan tinggi, serta berisiko merusak sistem.

Akhirnya, hari ini Apple merilis patch yang diklaim bisa membereskan masalah ini. Namun apakah benar masalah throttling di MacBook Pro 2018 kali ini benar-benar sudah hilang?

Dilansir dari MacRumors, berbagai pihak juga sudah langsung menguji update ini begitu Apple resmi merilisnya. CNET misalnya, melakukan pengujian sebelum dan sesudah install update patch ini.

Orang pertama yang wajib kita dengar pendapatnya adalah Dave Lee. Ya, dia orang pertama yang mengemukakan pendapat bahwa MacBook Pro 2018 dengan Intel Core i9 mengalami perlambatan karena MacBook Pro tak mampu menahan panas. Dia bahkan sampai memasukan MacBook Pro ke dalam freezer. Apa yang dia katakan setelah install patch ini?

Terbukti setelah install patch, masalah throttling MacBook Pro 2018 sudah hilang. Pihak kedua yang melakukan pengujian adalah CNET.

Hore! Masalah Throttling di MacBook Pro 2018 Sudah Beres
via CNET

Bagaimana menurutmu? Semoga saja masalah throttling ini benar-benar sudah beres, dan calon pengguna MacBook Pro tidak perlu lagi merasa ragu dengan produk unggulan Apple yang satu ini.

via MacRumors

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.