Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

iOS adalah sistem operasi atau platform yang digunakan di iPhone, iPad, dan juga iPod Touch. Hanya produk Apple saja yang menggunakan iOS, yang mana juga merupakan sistem operasi buatan Apple sendiri. Dengan demikian, iOS cuma dipakai oleh satu produsen saja.

Sangat berbeda dengan iOS, Android adalah sistem operasi yang dipakai oleh banyak produsen smartphone. Mulai dari smartphone murah hingga flagship, mulai dari merek terkenal hingga merek lokal. Android menguasai seluruh dunia. Apakah benar? Apa ada negara di mana iOS lebih unggul dan mengalahkan Android yang populer di dunia?

Tentu saja ada. Ada cukup banyak negara yang mana iOS sangat populer dan mengalahkan Android. Data yang didapatkan ini adalah data yang berasal dari salah satu sumber yang sangat populer jadi rujukan, yaitu Statcounter. Meskipun demikian, jangan jadikan data ini menjadi satu-satunya data, karena berbagai faktor tentu mempengaruhi hasil secara akurat. Namun paling tidak, untuk sekedar mengetahui negara mana saja iOS populer, Statcounter bisa diandalkan.

Kini ada 9 negara di mana iOS selalu menjadi nomor satu mengalahkan Android, setidaknya dalam satu tahun terakhir ini. Negara mana sajakah itu?

 

Amerika Serikat

Sangat tidak mengejutkan jika Amerika Serikat adalah negara pertama yang menjadi basis iOS terbesar di dunia. Hal ini tak lain dan tak bukan karena Amerika Serikat adalah kandangnya Apple. Masyarakat di sana sangat senang dengan produk smartphone dan tablet dari Apple.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

Bahkan di peluncuran iPhone perdana dulu, antrian mengular sampai ratusan meter. Fenomena fanboy ini belum pernah ada sebelumnya. Meskipun muncul smartphone dan tablet dengan sistem operasi Android dan Windows, tetap saja animo masyarakat terhadap produk iOS adalah yang tertinggi.

 

Kanada

Negara kedua yang menjadi basis pengguna perangkat iOS adalah Kanada. Tak heran karena selain bertetangga secara langsung dengan Amerika Serikat, selera orang Kanada dan Amerika Serikat juga punya kemiripan. Salah satunya adalah selera smartphone dan tablet.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

Meskipun tidak seheboh di Amerika Serikat, namun sambutan masyarakat Kanada terhadap berbagai produk Apple ini juga menjadi salah satu yang terbaik. Pasar iOS di Kanada sangat stabil dan Android cuma kebagian tempat kedua di pasar Kanada.

 

Jepang

Jepang adalah negara terbesar kedua yang merupakan basis para fanboy Macintosh di seluruh dunia. Tak heran jika event pameran Macworld Expo pernah digelar di Jepang dan sangat sukses di sana. Ketika iPhone dan iPad dirilis oleh Apple di Jepang, tidak perlu waktu lama bagi smartphone dan tablet itu menjadi populer.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

Saking populernya, bahkan berbagai smartphone buatan Jepang sendiri sampai kepayahan. Untuk pasar dan dunia otomotif, mesin, hingga robotik berbagai produk buatan Jepang sangat populer di Jepang dan juga di banyak negara lain. Namun untuk urusan smartphone, tak ada satupun produsen smartphone asli Jepang yang mampu menghadang serangan Apple seorang diri.

 

Inggris Raya

United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, atau yang lebih akrab disebut dengan Inggris Raya (UK) juga menjadi kawasan di mana iPhone dan iPad sangat populer. Biasanya Apple merilis berbagai produk dan layanannya pertama kali di Amerika Serikat dan juga di Inggris.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

Hal ini tak lepas juga dari Apple yang mampu menciptakan iklim fanboy Macintosh di masa lalu. Sambutan iPhone dan iPad di Inggris juga sangat fantastis, mirip dengan apa yang ada di Amerika Serikat.

 

Australia

Australia, sebuah “negara barat” yang terletak di belahan timur. Australia ini juga menjadi negara di mana iOS sangat populer mengalahkan Android. Pengguna perangkat smartphone dan tablet di Australia lebih antusias dengan berbagai produk terbaru dari Apple.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

Bersama Inggris Raya, Australia juga menjadi salah satu negara yang diprioritaskan oleh Apple. Mulai dari dikeluarkannya produk baru seperti iPhone, iPad, HomePod, hingga berbagai layanan Apple seperti layanan Apple News, TV App, Siri Movie Review, Showtime, dan masih banyak lagi.

Sudah bukan hal baru lagi jika orang Indonesia yang ingin punya iPhone terbaru di hari pertama rilis, mereka pasti akan beli di Australia. Hal ini karena selain dekat dengan Indonesia, Australia juga menjadi negara pertama jika dilihat dari zona waktunya, yaitu sekitar 14 jam lebih awal.

 

Selandia Baru

Jika Amerika Serikat dan Kanada memiliki kemiripan selera dalam hal smartphone, begitu juga dengan Selandia Baru dengan Australia. Di negara kiwi ini, perangkat iOS juga menjadi yang terbaik, mengalahkan pangsa pasar Android di sana.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

 

Swiss

Negara yang terkenal indah dengan alamnya serta biaya hidup yang mahal ini juga menjadi salah satu basis iOS di kawasan Eropa. Produk iOS juga dikabarkan sangat laku di sana, tak heran di negara kecil ini Apple sudah membuka 4 toko Apple Store. Sementara di Asia Tenggara baru satu Apple Store saja, di Singapore, dan itupun belum terlalu lama dibangun.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

 

Swedia

Siapa sangka, salah satu negara Nordik ini menjadi rumah iOS di kawasan Eropa Utara. Total Apple sudah membangun tiga buah Apple Store di sana untuk melayani para pelanggan dan juga fans Apple.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

 

Norwegia

Tetangga dari Swedia ini juga ternyata punya selera yang tidak jauh berbeda untuk urusan platform smartphone dan tablet. Namun berbeda dari tetangganya, Swedia, di Norwegia ini ternyata masih belum ada Apple Store. Apple belum mau membuka Apple Store di sana meskipun pasar iOS di sana selalu lebih tinggi dari Android.

Inilah 9 Negara di Mana iOS Selalu Kalahkan Android

Bagaimana? Ada negara lain yang belum masuk daftar negara yang mana iOS menang unggul atas Android?

via Statcounter

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.