3 Penyebab iPhone Freeze dan Suka Hang Sendiri

iPhone sering freeze, hang dan juga macet serta tidak responsif adalah salah satu tanda ada masalah di iPhone tersebut. Hal ini karena iPhone normal tidak mungkin bertingkah aneh seperti sering hang dan freeze sendiri.

Jika kamu membeli iPhone baru, ada baiknya kamu segera klaim garansi ke toko tempat kamu membeli iPhone tersebut. Jika kamu membeli iPhone tersebut dalam kondisi bekas atau sudah tidak garansi, kamu mungkin harus tahu penyebab iPhone freeze dan suka hang tersebut.

Untuk kamu yang ingin langsung tahu cara mengatasinya, kamu bisa ikuti tutorial cara mengatasi iPhone yang sering freeze dan tidak responsif di sini. Baca: Mengatasi iPhone Yang Sering Hang Sendiri

Nah apa saja sih penyebab iPhone freeze dan suka hang sendiri? Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab iPhone freeze yang patut kamu perhitungkan sebelum membawa iPhone ke tempat reparasi untuk diperbaiki.

 

Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah terduga pertama yang patut dicurigai. Apalagi jika masalah iPhone sering freeze dan hang ini terjadi setelah kamu menginstall aplikasi tertentu. Baik itu aplikasi dari App Store maupun aplikasi tweak dari hasil jailbreak.

Untuk aplikasi pihak ketiga dari App Store sangat jarang bila bisa membuat iPhone menjadi freeze. Hal ini karena kebijakan sand-box dari Apple yang membuat aplikasi yang dirilis ke App Store terbilang aman untuk sistem. Namun untuk lebih memastikannya, hapus semua aplikasi pihak ketiga untuk mengecek apakah itu adalah penyebab iPhone freeze atau tidak.

Jika kamu pengguna iPhone yang sudah dijailbreak, bisa jadi jailbreak menyebabkan iPhone freeze dan hang tersebut. Solusinya adalah hapus semua aplikasi gak jelas tersebut lalu hilangkan jailbreak tersebut.

 

Error iOS

Error pada sistem operasi iOS adalah kemungkinan kedua yang patut dicurigai. Bisa jadi penyebab iPhone freeze adalah karena ada kerusakan dalam sistem operasi yang digunakan pada iPhone tersebut. Satu-satunya cara adalah dengan melakukan install ulang iOS atau restore iOS pada iPhone. Baca: Cara Restore iPhone dan iPad.

Sebelum memutuskan untuk melakukan restore iPhone dari iTunes, kamu bisa coba dulu untuk reset iOS. Bedanya, reset iOS tidak memerlukan proses install ulang yang mana membutuhkan komputer, iTunes, dan juga koneksi internet. Baca: Cara Reset iPhone dan iPad dengan Mudah.

 

Kerusakan Hardware

Setelah reset iPhone masih sering freeze sendiri? Kemungkinan besar ada masalah pada hardware tersebut. Satu-satunya cara adalah membawa iPhone milikmu ke tempat reparasi untuk diperbaiki daripada terus-menerus hang sendiri dan freeze gak jelas. Tidak ada cara lain selain ini, kecuali beli iPhone baru.

Bagaimana? Kamu menemukan penyebab iPhone freeze yang lainnya?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya 😀

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.