iPhone Terbaru Bisa Bikin Operator Seluler Makin Pusing

Siapa sih yang gak suka dengan kehadiran iPhone terbaru? Meskipun tidak punya rencana untuk membelinya, namun kehadiran iPhone baru selalu disambut oleh banyak pihak. Mulai dari Apple Fanboy yang bersorak gembira, para produsen pesaing yang makin gerah, hingga operator seluler yang pusing memutar otak.

Di beberapa negara seperti Indonesia, iPhone memang sangat jarang sekali dijual dengan kerja sama dengan operator. Penjualan model seperti ini juga bisa dibilang masih belum lama. Terhitung semenjak iPhone 7 resmi masuk ke Indonesia, beberapa operator seperti Smartfren langsung menghadirkan bundling menarik.

Mereka juga harus berpikir keras agar iPhone yang dijual laku. Tidak heran kalau mereka pusing, karena harga iPhone yang mahal menjadi batu sandungan. Berbeda ceritanya jika iPhone dibanderol dengan harga murah, pasti akan lebih cepat laku.

Namun sepertinya iPhone generasi terbaru akan membuat para operator seluler makin pusing saja. Pasalnya, seperti yang dilansir dari Barrons, kemungkinan besar iPhone terbaru yang dirilis Apple akan mengusung inovasi terbaru dalam hal teknologi seluler.

Anthony Stoss, seorang analis dari Craig-Hallum memaparkan bahwa Apple telah menyetujui kesepakatan dengan ST Microelectronics untuk membuat chip eSIM yang kabarnya akan dipakai di motherboard iPhone. Dengan demikian, bisa jadi Apple akan segera meninggalkan teknologi kartu SIM tradisional dan menggantinya dengan eSIM di berbagai produk iPhone di masa depan.

Perbedaan eSIM dengan kartu SIM tradisional adalah eSIM tidak memiliki bentuk fisik seperti kartu SIM tradisional. eSIM ini tertanam (embedded) dalam sebuah perangkat dan hampir tidak mungkin untuk dibongkar-pasang.

Akhir-akhir ini eSIM memang jadi masalah. Meskipun eSIM sulit dilepas, pengguna justru bisa dengan mudah beralih dari satu operator ke operator yang lain. Pengguna bisa pakai software khusus untuk ganti operator untuk bisa ganti layanan. Untuk operator yang menerapkan paket “kontrak”, tentu ini bisa jadi masalah besar karena pengguna bisa bergonta-ganti operator seluler dengan mudah.

Bagaimana menurutmu mengenai eSIM di iPhone ini?

via Barrons

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.