MacBook Pro 2016 dan 2017 memiliki masalah serius pada butterfly keyboard dimana sedikit debu bisa membuat keyboard tersebut tidak berfungsi. Namun tim iFixit menemukan hal yang berbeda di keyboard MacBook Pro 2018. Kini setiap tombol di keyboard dilapisi silikon yang melindungi keyboard dari debu dan percikan air.

Dari video tersebut kita jadi tahu bahwa Apple juga telah mematenkan lapisan pelindung ini. Akan tetapi sampai saat ini Apple belum memberikan pernyataan resmi bahwa mereka telah memperbaiki masalah pada butterfly keyboard generasi sebelumnya. Oleh karena itu tim iFixit akan memberikan uji lebih lanjut mengenai ketahaan butterfly keyboard generasi ketiga ini. Sehingga dapat memberikan kita gambaran jangka panjang keyboard MacBook Pro 2018.

Jika saat ini kamu memakai MacBook Pro 2016 atau 2017, sangat saya sarankan untuk memasang silikon pelindung di keyboard untuk mencegan kotoran atau debu menyelinap ke bawah keyboard. Kalau kamu tinggal di negara yang punya Apple Store resmi, kamu bisa memperbaiki masalah keyboard dengan cepat dan tak dipungut biaya. Tapi kalau kamu di Indonesia…. Yah, kamu tahu lah garansinya kayak gimana.

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.