via CultofMac

Setelah digaungkan selama bertahun-tahun, nampaknya rumor jaringan 5G akan semakin nyata. Sejak era 3G (iPhone edisi pertama tidak memiliki 3G yang sudah umum di BlackBerry dan Nokia pada zaman itu), Apple adalah manufaktur yang paling lambat mengadopsi teknologi jaringan terbaru. Bahkan yang terbaru, iPhone X yang seharga USD 1000 belum support LTE-Advanced yang biasa dijumpai di perangkat Android murah. Mungkin bukan dengan alasan yang buruk, yaitu menunggu kestabilan jaringan dan menyiapkan perangkat yang menjalankan jaringan tersebut secara baik dan efektif. Nampaknya kebiasaan ini bakal berubah tahun depan karena dirumorkan bahwa iPhone yang dirilis 2019 mendatang akan menjadi perangkat pertama yang siap mengadopsi kemampuan jaringan 5G.

Laporan dari Digitimes, mengungkap sebuah sumber pasokan suku cadang Apple yang menyatakan bahwa Apple sedang mempertimbangkan chip modem 5G dari MediaTek, alih-alih menggunakan pasokan pembuat processor umum seperti Intel atau Qualcomm, yang direncanakan akan dipasang pada iPhone 2019.

Apple masih belum mengungkap keputusan akhir hingga kedua perusahaan tersebut (Apple dan Mediatek) mencapai konsensus mengenai sejumlah aspek mencakup roadmap produk, pengembangan teknologi, dan upaya kerjasama

MediaTek baru saja mengungkap modem Helio M70 yang ternyata sudah sesuai dengan standar 3GPP 5G awal Juni lalu. Ini merupakan nilai jual terbesar bagi perusahaan tersebut jika mereka ingin masuk ke pasar modem yang sesuai standar 5G.

MediaTek baru saja merilis modem 5G enam bulan mendahului jadwal rilis jaringannya, menunjukkan keseriusannya terhadap pasar 5G dengan tujuan memenangkan pesanan dari Apple. MediaTek juga mengungkap bahwa mereka akan secara resmi mengirimkan modem 5G miliknya mulai 2019 mendatang

Memang belum tentu juga sih, bahwa melakukan perundingan dengan perusahaan pembuat modem 5G menjadi isyarat bahwa iPhone tahun 2019 akan menggunakan produk perusahaan tersebut. Akan tetapi ini merupakan salah satu pertanda yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Kita dapat menanti kebenaran kabar ini tahun depan.

 

Sumber: BGR

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.