Safari di iOS 12 dan macOS Mojave Kini Tampilkan Favicon

Untuk kamu yang sering sekali menggunakan Safari, pasti merasa sedikit aneh dengan tampilan web browser buatan Apple yang satu ini. Ya, tampilan web browser Safari memang terkenal sangat bersih dan minim sekali tampilan-tampilan yang mengganggu.

Bahkan beberapa elemen yang menurut saya penting, tidak ada di Safari. Salah satu yang paling terasa adalah Favicon. Buat kamu yang belum tahu, Favicon adalah ikon kecil yang selalu ada di tab web browser ketika kita membuka halaman web.

Di hampir semua web browser, kita bisa melihat adanya Favicon pada tab, di samping judul halaman. Nah di Safari ini Favicon tidak ada, jadi cuma ada tulisan nama halaman web yang terbuka saja.

Sekilas tampilannya memang terlihat bersih dan nyaman, apalagi kalau tujuan kamu browsing memang cuma sekedar membaca artikel di internet. Namun jika kamu membuka banyak tab, entah mengapa baru terasa fungsi dari Favicon itu sendiri. Favicon membuat tab lebih mudah teridenfikasi.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena dukungan Favicon di Safari ini akan hadir. Tidak cuma di macOS saja, tetapi juga di iOS. Syaratnya adalah kamu harus update ke versi macOS Mojave untuk Safari for Mac, dan update ke iOS 12 untuk Safari for iOS.

Safari di iOS 12 dan macOS Mojave Kini Tampilkan Favicon
via MacRumors

Kamu lebih suka tampilan yang bersih tanpa Favicon? Jangan khawatir, karena Favicon bisa dimatikan. Justru fitur ini secara default akan mati, dan jika ingin menggunakannya maka pengguna harus mengaktifkannya secara manua.

Untuk mengaktifkannya di macOS, kamu harus masuk ke pengaturan preferensi Safari lalu di bagian Tabs pilih “show website icons in tabs”. Untuk di iOS, kamu bisa masuk ke pengaturan Safari pada Settings lalu aktifkan “Show Icon in Tabs”.

via MacRumors

  Fitur Baru iOS 12 Beta 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.