WWDC 2018: Resmi, Inilah X Fitur Baru di iOS 12

WWDC 2018 sudah resmi digelar. Berbagai update di platform Apple sudah diperkenalkan. Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah iOS 12. Ya, platform perangkat mobile Apple tersebut mendapatkan update baru.

Apa saja fitur baru iOS 12 yang diperkenalkan Apple dalam WWDC 2018 ini? Berikut ini adalah daftar fitur baru yang diperkenalkan.

Baca Juga:

 

Kejutan! iPhone 5S Dapat iOS 12 Lho

Kabar gembira buat kamu, karena iOS 12 secara resmi akan mendukung perangkat lawas. Ya, semua iPhone dan iPad yang dapat iOS 11 akan mendapatkan iOS 12 juga. Itu artinya, iPhone 5S akan menjadi perangkat paling lawas yang mendapatkan iOS 12, sama ketika dirilisnya iOS 11.

 

Peningkatan Performa

Salah satu rumor bahwa Apple akan fokus ke peningkatan performa dan perbaikan bug memang menjadi kenyataan. Ya, di dalam presentasi atau keynote fitur baru pertama iOS 12, Apple langsung memperkenalkan peningkatan performa di iOS 12.

iOS 12 diklaim akan memiliki peningkatan performa. Ya, itu artinya seluruh iPhone dan iPad yang sudah install iOS 11 akan memiliki kinerja yang lebih baik dari ketika masih menggunakan iOS 12.

Kamera diklaim 70% lebih cepat, keyboard akan muncul 50% lebih cepat, sistem akan jauh lebih responsif. Jika benar, maka iOS 12 akan benar-benar jauh lebih cepat dari iOS 11.

Namun Apple masih belum membeberkan secara rinci apakah peningkatan performa yang besar ini cuma terasa di iPhone dan iPad terbaru apa semua perangkat yang mendapatkan iOS 12.

 

ARKit 2

ARKit sepertinya akan menjadi teknologi masa depan yang sangat menjanjikan. Ya, Apple benar-benar serius menggarap teknologi ARKit ini semenjak dirilis tahun lalu. Bahkan teknologi ini bisa dianggap sangat luar biasa di kelasnya.

ARKit 2 memungkinkan developer untuk membuat berbagai kemungkinan baru dalam mengembangkan aplikasi AR. Kamu bisa lihat video dari CNET di sini.

Memoji

Animoji adalah fitur yang diperkenalkan Apple bersamaan dengan dirilisnya iPhone X. Fitur Animoji memanfaatkan teknologi TrueDepth yang ada pada iPhone X. Nah dengan menggunakan iOS 12, pengguna akan memiliki opsi lain yang merupakan implementasi lain dari teknologi TrueDepth.

WWDC 2018: Resmi, Inilah Beragam Fitur Baru di iOS 12

Apple menyebut fitur ini dengan nama Memoji. Fitur ini mirip dengan Animoji, hanya saja kini kamu bisa membuat karakter wajahmu dengan Memoji. Setelah karakter kamu berhasil dibuat, kamu bisa mengintegrasikan Memoji di berbagai momen.

 

Group FaceTime

Fitur ini sebenarnya bukan fitur yang bisa dibilang keren. Ya, berbagai layanan video call juga sudah memberikan fitur ini. Hanya saja, fitur panggilan grup ini baru benar-benar hadir di FaceTime pada update iOS 12 kali ini.

WWDC 2018: Resmi, Inilah Beragam Fitur Baru di iOS 12

Kini kamu sudah bisa membuat panggilan grup menggunakan FaceTime. Yang unik dari fitur ini adalah implementasinya yang unik karena setiap kotak yang mewakili wajah kita dalam video call bisa interaktif, dan tidak cuma diam saja.

 

Siri Shortcut

Kini Siri bisa kamu personalisasikan secara manual untuk bisa bekerja dengan berbagai aplikasi yang ingin kamu jalankan. Kamu juga bisa membuat frasa tertentu yang mewakili setiap perintah tersebut.

WWDC 2018: Resmi, Inilah Beragam Fitur Baru di iOS 12

Photos

Di aplikasi Photos, akan ada tab baru yang bernama “For You”. Tab ini berisi kombinasi Memories dan iCloud Shared Album. Akan ada fitur sharing suggestion yang secara otomatis bisa memberikan saran untuk membagikan foto dengan teman. Ada juga fitur Search Suggestion untuk mencari event, orang, tempat, dan masih banyak lagi.

WWDC 2018: Resmi, Inilah Beragam Fitur Baru di iOS 12

 

Do Not Disturb, Notification, Screen Time

Kini fitur notifikasi di iOS 12 mendapatkan update baru yang bisa dibilang cukup bermanfaat. Ya, kini kamu bisa lebih mengontrol waktu interaksi dengan perangkat iOS milikmu.

WWDC 2018: Resmi, Inilah Beragam Fitur Baru di iOS 12

Fitur Do Not Disturb kini bisa aktif secara otomatis di waktu tertentu atau di lokasi tertentu. Layar iPhone dan iPad juga bisa meredup secara otomatis ketika ada notifikasi malam hari.

Ada juga fitur Group Notification yang berfungsi untuk mengelompokkan notifikasi yang masuk. Seluruh notifikasi akan menjadi jauh lebih rapi dari yang ada di iOS 11.

 

Dan Masih Banyak Lagi

Masih banyak lagi fitur-fitur baru di iOS 12 yang akan kamu dapatkan. Seperti aplikasi Stocks, Apple News, dan Apple Books yang baru, CarPlay yang support aplikasi navigasi pihak ketiga, Voice Memo yang baru, dan masih banyak lagi.

Jadi apa fitur baru iOS 12 yang menjadi favoritmu?

via Apple

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.