Home Review Ini Yang Saya Sukai Dari OS X

Ini Yang Saya Sukai Dari OS X

Ini Yang Saya Sukai Dari OS X

Sebagai seorang mahasiswa di bidang IT, tentu saja mau tidak mau saya harus berurusan dengan berbagai sistem operasi seperti Windows, Ubuntu, dan OS X. Awalnya tidak mudah memang. Saya seorang pengguna Windows semenjak masih SMP. Saya mulai menggunakan Ubuntu saat SMA. Di universitas, saya juga mulai menggunakan beberapa distro linux. Terakhir, saya menggunakan OS X semenjak menjadi asisten praktikum pemrograman iOS.

Semenjak itu, saya mulai menyukai OS X. Saya niatkan untuk membeli Mac apa pun dan bagaimanapun caranya. Setelah beberapa bulan menggunakannya, akhirnya saya menemukan beberapa poin yang membuat saya suka dengan OS X.

Lingkungan Sempurna Untuk Pengembangan

Buat saya yang bergelut di jurusan komputer, OS X sangat powerful. Berbagai pengembangan perangkat lunak bisa dia kerjakan. Didukung juga dengan berbagai tool dan perlengkapan pengembangan yang memadai. Meskipun di Windows dan Ubuntu juga tersedia, namun beberapa orang mengatakan versi OS X bisa berjalan lebih baik.

Kamu bisa menggunakan OS X untuk mengerjakan pengembangan Cocoa sehingga bisa membuat berbagai aplikasi iOS, OS X, tvOS, dan watchOS. Kamu bisa menggunakan OS X untuk melakukan pengembangan Android dengan Android Studio. Berbagai tool pengembangan web juga ada seperti Dreamweaver, Sublime Text, hingga Visual Studio Code.

Ingin melakukan pengembangan .NET di Windows, kamu bisa memasang Windows sebagai mesin virtual atau sebagai dual boot menggunakan Boot Camp. Bekerja di lingkungan pengembangan .NET seperti pengembangan Windows Platform dan SQL Server bukanlah sebuah masalah jika kamu menggunakan Mac.

Jarang Ada Virus

Sejak dulu, kita mungkin sering mendengar bahwa komputer Windows mudah sekali terserang virus. Dulu mungkin kamu salah satu penggemar produk anti virus tertentu. Meskipun sekarang versi Windows terbaru sudah jauh lebih aman berkat dukungan anti virus bawaan terbaru, tetap saja Windows itu cenderung lebih rawan. Hal ini karena banyak sekali pembuat virus yang menargetkan virus buatannya untuk menyerang Windows.

Hal berbeda justru dialami oleh OS X. Meskipun OS X memiliki keunggulan dibandingkan Windows, namun ada satu hal yang masih belum bisa dicapai oleh produk OS X. Pangsa pasar. Pangsa pasar OS X sangat kecil. Hal ini wajar karena OS X memang ditargetkan ke pasar kelas premium sedangkan Windows ditargetkan ke semua level kelas. Karena pangsa pasar sedikit, para pembuat virus jarang yang membuat virus untuk OS X. Alhasil, virus di OS X sangat sedikit jumlahnya. Jadi Mac cenderung aman dari virus bukan cuma karena sistem operasinya yang lebih ketat, namun juga karena pembuat virus lebih sedikit.

Sedikit Perawatan

Jika dulu kamu sering sekali melakukan berbagai perawatan seperti defrag, clean registry, dan melakukan berbagai tune up yang entah sebenarnya kamu tahu fungsinya atau tidak, kamu tidak sendirian. Dulu saya juga seperti itu. Namun setelah menggunakan OS X, semua sudah berubah sekarang.

Kamu tidak akan pernah membutuhkan tune-up apapun. Satu-satunya tune-up yang mungkin kamu butuhkan hanyalah pembersih storage dari file-file sampah saja. Karena memang pada dasarnya OS X memang tidak membutuhkan tune-up apapun dari pengguna.

Tidak Ada Masalah Driver

Pernah mengalami masalah driver? Wifi yang bermasalah, bluetooth tidak mau menyala, update grafis yang lambat, dan lain sebagainya? Kamu tidak sendirian. Saya juga mengalaminya, dan rasanya sangat melelahkan karena harus membereskan satu per satu masalah tersebut. Namun, itu dulu. Semenjak menggunakan OS X, kamu bisa menggunakan perangkat Mac milikmu tanpa khawatir adanya masalah driver.

Bahkan saat saya menggunakan Windows dengan dual boot via Boot Camp, Windows juga bisa berjalan lancar tanpa adanya hambatan maupun masalah driver. Apple sangat rutin mengupdate driver buatan mereka agar selalu kompatibel dengan Windows versi terbaru. Ucapkan selamat tinggal pada driver error, bahkan saat menggunakan Windows di Mac.

Tinggal Colok dan Semua Berjalan

Punya berbagai peralatan seperti flashdrive, printer, stik game, headset, card adapter, dan berbagai peralatan eksternal lainnya? Apakah kamu punya drivernya untuk OS X? Jangan panik dulu, karena kemungkinan besar perangkat tersebut sudah bisa berjalan di OS X tanpa membutuhkan driver tambahan.

Bahkan untuk perangkat populer sekelas flashdrive (flashdisk), kamu harus melewati langkah pemasangan driver jika kamu menggunakan Windows. Meskipun hampir semua proses pemasangan driver flashdrive berhasil, namun saya pernah sekali menemui kegagalan instal. Hasilnya, flashdisk tidak bisa terbaca di Windows. Jika kamu menggunakan Mac, semua peralatan tersebut cukup kamu tancapkan dan bisa langsung kamu gunakan.

Hampir Semua Aplikasi Juga Ada

Jika kamu ingin sekali menggunakan perangkat Mac namun khawatir akan berbagai aplikasi tidak tersedia di OSX, sebaiknya segera buang semua keraguanmu. Berbagai aplikasi terkenal sudah tersedia kok di versi OS X. Sebut saja Microsoft Office 2016 dan Adobe Creative Cloud / Creative Suite terbaru. Jika aplikasi yang kamu inginkan masih belum tersedia, selalu ada Mac App Store yang bisa memberikan alternatif lain. Kamu tidak akan kehabisan stok aplikasi jika menggunakan Mac.

Nah itu dia sedikit cerita mengapa saya sangat menyukai OS X. Ada masukan lain? Yuk kirimkan ke kolom komentar di bawah.

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong