Prosesor Intel Cannon Lake Dukung RAM 32GB di MacBook

Sudah bukan rahasia lagi jika lini laptop Mac dari Apple, MacBook cuma support memori RAM maksimal 16GB saja. Entah itu karena ada batasan tertentu atau memang sengaja dibatasi oleh Apple dengan berbagai pertimbangan, namun memori RAM 16GB sejatinya masih termasuk ukuran memori yang sangat besar.

Bagaimana tidak, kamu bisa melakukan banyak hal dengan memori RAM 16GB. Bahkan game yang benar-benar membutuhkan memori RAM 16GB juga masih jarang, itupun butuh 16GB untuk menjalankan setting graphic dan juga resolusi tertinggi, sedangkan untuk setting medium tentu saja sudah lebih dari cukup jika komputer menggunakan memori 16GB.

Untuk urusan rendering video, RAM 16GB di MacBook juga sebenarnya terbilang sudah mencukupi. Hanya saja, tetap saja tidak sebagus jika melakukannya di komputer dengan spesifikasi memori yang lebih tinggi. Misalnya saja iMac 5K yang memungkinkan pengguna melakukan penambahan memori RAM secara manual. Kamu bisa beli RAM sendiri dan install sendiri hingga ke batas maksimal, biasanya 64GB.

Namun sepertinya masalah keterbatasan memori di MacBook ini akan segera berakhir. Pasalnya, dilansir dari Apple Insider, prosesor 10nm dari Intel dengan kode ‘Cannon Lake’ ini akan mendukung memori RAM LPDDR4 hingga 32GB.

Hal ini pertama kali ditemukan pada spesifikasi Lenovo IdeaPad 330 yang membawa prosesor Intel Core i3-8121U. Prosesor tersebut medukung DDR4-2400 dan LPDDR4/x-2400 dengan memori RAM 32GB.

Seperti biasa, Apple yang sudah beralih ke Intel jelas tidak akan mau ketinggalan dalam mengimplementasikannya. Dengan demikian, Apple bisa memasukkan memori ke MacBook terbaru dengan maksimal konfigurasi hingga 32GB.

Meskipun demikian, Apple jelas tidak akan menggunakan seri Intel Core i3, kemungkinan besar akan menggunakan Intel Core i5 sebagai standar paling rendah untuk berbagai jenis MacBook keluaran terbarunya.

via Apple Insider

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.