Rumor: Apple Sedang Kembangkan Pemindai Sidik Jari Ultrasonik

Setelah sukses mengembangkan teknologi Face ID di iPhone X, Apple kabarnya sedang mengembangkan teknologi pemindai sidik jari ultrasonik. Teknologi pemindai sidik jari ultrasonik tersebut kabarnya akan diletakkan di bawah layar iPhone, sehingga tak memerlukan lempengan khusus.

Cara kerjanya adalah teknologi pemindai ultrasonic tersebut akan bekerja dengan menangkap rincian sidik jari yang ada pada kulit. Detail yang sangat rinci tentu akan sangat sedikit yang bisa tertangkap, oleh karenanya diperlukan teknologi ultrasonik.

Sebelumnya, sebagian besar vendor smartphone dari negeri Tiongkok pakai teknologi optik sebagai dasar pemindai sidik jari pada berbagai smartphone milik mereka. Teknologi ini memanfaatkan refleksi cahaya yang akan digunakan untuk membaca detail dan bentuk sidik jari, lalu memindai dan menyocokkannya dengan data yang tersimpan pada smartphone.

Sepertinya bukan cuma Apple saja yang tengah mengembangkan teknologi pemindai sidik jari ultrasonik itu. Samsung dan Qualcomm juga kabarnya tidak mau kalah dalam membuat dan mengimplementasikan teknologi serupa.

Namun masih belum jelas kapan Apple dan berbagai produsen smartphone lain tersebut akan mulai mengimplementasikannya. Kemungkinan besar baru bisa dipakai tahun depan ketika teknologinya sudah benar-benar siap.

Selain teknologi tersebut, masih ada pemindai sidik jadi dengan menggunakan teknologi kapasitif. Dengan menggunakan teknik ini, teknologi kapasitif berfungsi untuk memindai pola elektrik yang ada pada jari manusia.

via Phone Arena

  VPN Gratis Unlimited  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.