WhatsApp for iPhone Kini Bisa Hapus Chat Lebih dari 1 Jam

Beberapa hari lalu kita dihebohkan oleh pesan emoji baru yang bisa ‘membunuh’ WhatsApp di ponsel Android. Pesan ini sempat populer dan bahkan secara iseng dikirimkan antar teman hanya untuk ‘mengganggu’ orang lain. Tentu saja akan sangat mengesalkan saat perangkat kita freeze gara-gara tidak sengaja mengetuk titik hitam tersebut. Kenapa titik hitam ini bisa menyebabkan perangkat (atau secara khusus aplikasi WhatsApp) berhenti bekerja? Penyebabnya sangat sederhana: Serangkaian kode yang berisi ribuan karakter tak terlihat dipadatkan dalam sebuah emoji titik hitam, dan ini akan menyebabkan WhatsApp menjadi tidak responsif. Ternyata bug Unicode yang sama juga bekerja di iPhone, bahkan lebih parah bagi pengguna perangkat iOS.

Di Android, titik hitam tersebut hanya membekukan WhatsApp saat kamu mengetuknya. Setelah WhatsApp menjadi tidak responsif, maka kamu bisa membenahinya dengan mematikan aplikasi dan menyalakannya kembali. Di iPhone dan iPad, ini berdampak lebih buruk. Titik hitam tersebut bila di-tap akan menyebabkan crash pada aplikasi pengiriman pesan apa pun yang sedang terbuka. Bahkan tanpa diketuk juga kadang akan memicu crash jika kamu dikirimi pesan yang berisi titik hitam ini.

Tentu saja Apple berencana untuk memperbaiki bug ini di rilis iOS selanjutnya. Namun sementara ini, sebaiknya kamu berhati-hati jika mendapatkan kiriman pesan berisi titik hitam tersebut. Kamu bisa menyaksikan di video di atas bahwa channel YouTube EverythingApplePro menunjukkan apa yang terjadi jika kamu mendapatkan pesan titik hitam ini.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah kamu sempat mengalami ‘black dot of the death’ ini?

 

Sumber: BGR

  VPN Gratis Unlimited  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.