Apple Cross Platform Akan Mulai Debut di 2019, Masih Berlanjut?

Rumor mengenai Apple yang kabarnya akan “melebur” pengembangan aplikasi iOS dan macOS menjadi satu memang sudah menjadi isu dalam beberapa waktu belakangan ini. Ya, pengembang aplikasi akan semakin mudah merilis aplikasi iOS dan macOS sekaligus tanpa perlu membuat aplikasi terpisah dari awal.

Namun Apple tetap membantah bahwa pengembangan semacam itu tidak akan bisa berjalan optimal. Platform iOS dan macOS adalah dua platform berbeda dan oleh karenanya tidak bisa disatukan.

Memang benar, Apple sepertinya masih jauh dari kata siap untuk menghadirkan solusi tersebut. Meskipun berkali-kali membantah, bukan berarti mereka tidak melakukan suatu “percobaan” kan?

Dilansir dari 9to5Mac, kabarnya Apple tetap mencoba untuk melanjutkan proyek cross platform ini. Hanya saja, fitur tersebut tidak akan dirilis di update tahun ini, yaitu di iOS 12 dan macOS 10.14 melainkan di tahun 2019, ketika iOS 13 dan macOS 10.15.

Meskipun demikian masih belum jelas seperti apakah yang dimaksud dengan “cross platform” milik Apple ini. Apakah lebih ke penyelesaian masalah perbedaan API di iOS dan macOS dan bukan benar-benar cross platform, atau bahkan sudah sampai tahap User Interface Cross Platform Framework.

Jika sampai ke tahap User Interface Cross Platform, itu artinya berbagai macam elemen di macOS bisa jadi akan menjadi berubah dan menyesuaikan framework baru. Bisa jadi masalah UI cross platform ini yang dibantah oleh Apple. Namun Apple tidak membantah masalah penggunaan API baru yang bisa dipakai berbarengan di iOS dan macOS.

Bagaimana menurutmu?

via 9to5Mac

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.