Apple Ingin Layar OLED yang Lebih Murah dari Samsung

Layar OLED di iPhone X memang diklaim sebagai komponen paling mahal yang ada di iPhone X. Tak heran jika komponen inilah yang dianggap sebagai biang keladi mahalnya iPhone X.

Namun untuk menekan harga, Apple kabarnya sedang dalam negosiasi dengan Samsung mengenai harga layar OLED. Dilansir dari 9to5Mac, dalam negosiasi ini Apple meminta layar OLED yang lebih murah dari rantai pasokan utama mereka, Samsung.

Berapa sih harga yang diminta Apple. Apple kabarnya meminta harga layar OLED dari Samsung sebesar $100. Sebelumnya, harga layar OLED untuk produksi iPhone X ini adalah $110 per komponen. Meskipun cuma lebih murah $10, namun untuk produksi iPhone X yang bisa hingga jutaan unit tentu saja sangat signifikan pengurangan harganya.

Negosiasi ini dianggap memiliki kelebihan dan kekurangan untuk kedua belah pihak. Oleh karena itu, proses negosiasi ini masih belum selesai dan dikabarkan cukup alot.

Kelebihan yang dimaksud adalah Apple bisa memberikan produksi layar OLED yang lebih banyak karena harganya yang lebih murah. Meskipun demikian, ada kekurangan dari negosiasi ini.

Kelemahannya adalah rantai pasokan belum tentu bisa memproduksi layar sesuai target. Apple rencananya juga akan bekerja sama dengan LG untuk menyediakan layar OLED, namun LG kabarnya belum yakin akan sanggup memenuhi target Apple.

Apple juga diklaim akan membuat iPhone baru dengan desain iPhone X namun dengan komponen layar biasa seperti iPhone pada umumnya, bukan layar OLED. iPhone versi ini diklaim sebagai versi murah dari iPhone X. Masuk akal karena penggunaan layar biasa tidak akan semahal layar OLED.

Bagaimana menurutmu mengenai negosiasi ini?

via 9to5Mac

  Review iOS 12 Beta 8 Terbaru  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.