Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan GrayKey untuk Membobol iPhone?

Sebuah alat bernama GrayKey memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk membobol passcode iPhone. Alat ini tidak lama lagi akan segera digunakan oleh penegak hukum di Amerika Serikat jika sewaktu-waktu diperlukan.

Yang menjadi pertanyaan adalah, berapa waktu yang dibutuhkan GrayKey untuk bisa membobol iPhone yang terkunci? Ternyata waktu yang dibutuhkan bervariasi tergantung panjang passcode iPhone tersebut.

Dilansir dari MacRumors, GrayKey bisa membobol kunci passcode iPhone dengan passcode sepanjang 6 digit angka cukup dengan waktu rata-rata 11 jam saja. Untuk passcode dengan angka yang lebih pendek, seperti 4 digit cuma perlu waktu 6.5 menit hingga 13 menit saja.

Informasi ini didapatkan dari Matthew Green, seorang asisten profesor dan kriptografer dari John Hopkins Information Security Institute. GrayKey ini memanfaatkan celah keamanan atau exploit passcode.

Secara normal setiap kali gagal memberikan passcode yang benar maka dibutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mencoba menggunakan passcode lagi. GrayKey memiliki kemampuan untuk menembus dan mencoba kombinasi kode lain untuk membobol passcode.

Apple mulai memberikan pengaturan passcode 6 digit di iOS 9 sejak tahun 2015 demi keamanan. Opsi yang lebih aman lagi, pengguna bisa pakai passcode dengan jumlah digit angka yang lebih panjang.

Bagaimana menurutmu mengenai alat penjebol passcode iPhone ini? Apakah alat penjebol seperti ini harusnya ada demi hukum atau harusnya tidak ada demi keamanan privasi pengguna?

via MacRumors

  Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.