Apple Penjarakan Karyawannya yang Membocorkan Informasi

Apple memang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang sangat tegas dalam menjaga rahasia informasi perusahaan. Tidak heran jika banyak karyawannya yang dipecat akibat membocorkan informasi sedikit saja.

Kini Apple kembali tegas menindak pembocor informasi. Bahkan kali ini tidak main-main, Apple melaporkan para pembocor informasi tersebut ke pihak yang berwajib dan beberapa di antaranya sudah ditangkap.

Beberapa informasi rahasia yang dibocorkan oleh karyawannya sendiri adalah berbagai rincian produk-produk Apple yang sedang dikembangkan dan masih berupa prototype, beberapa memo internal petinggi perusahaan pada karyawan, dan masih banyak lagi.

Uniknya, informasi mengenai penangkapan sejumlah pembocor informasi ini terungkap dari catatan internal Apple yang juga dibocorkan ke publik. Hingga kini sudah ada 12 orang yang ditangkap. Bukan cuma karyawan Apple saja ternyata, tapi juga ada kontraktor hingga beberapa orang dari rantai pasokan Apple.

Tindakan tegas Apple kali ini adalah salah satu usaha untuk menekan dan membatasi informasi apa saja yang dibagikan karyawan ke publik. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa kebocoran informasi sedikit saja bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi perusahaan.

Untuk perusahaan teknologi sekelas Apple, kebocoran informasi rahasia ke publik dalam kadar tertentu sebenarnya bisa menjadi trik perusahaan untuk melihat reaksi dan emosi konsumen terhadap produk apa saja yang akan mereka keluarkan.

Namun jika terlalu banyak informasi yang bocor, bisa jadi malah jadi bumerang yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan kompetitor untuk mempersiapkan produk serupa yang bisa menjadi produk saingan Apple di pasaran.

via The Verge

  Tanya Jawab iOS 12  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.