Apple Klaim Kini Gunakan Energi Terbarukan Sepenuhnya

Sebagai salah satu perusahaan besar di bidang teknologi, tentu saja Apple tidak mau ketinggalan dalam penggunaan energi terbarukan alias renewable energy. Bahkan baru-baru ini, Apple mengklaim bahwa mereka kini sudah menggunakan 100% energi terbarukan.

Dilansir langsung dari Apple Newsroom, langkah Apple ini adalah sebagai komitmen untuk berperang melawan perubahan iklim dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Klaim Apple tersebut adalah termasuk penggunaan energi yang ada kantor Apple, pusat data center, toko ritel, hingga tempat-tempat lain yang tersebar di lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

Semenjak tahun 2014 lalu, semua data center Apple sudah 100 persen menggunakan energi terbarukan. Berbagai proyek energi terbarukan Apple telah mengurangi emisi gas rumah kaca (Co2e) hingga 54 persen.

Dengan demikian, secara global Apple telah mengoperasikan total kapasitas 626 megawatt energi dari 25 proyek. Ada 15 proyek lagi yang tengah dalam proses pembangunan. Nantinya, total kapasitas energi terbarukan Apple bisa naik hingga menjadi 1,4 gigawatt.

Meskipun demikian, di beberapa tempat juga tidak murni berasal dari energi terbarukan. Contoh yang paling mudah adalah seperti toko ritel Apple yang ada di berbagai kota. Hal ini karena distribusi listrik dari energi terbarukan juga tidak bisa dibedakan dengan listrik dari enegi dari pembangkit listrik konvensional.

Setidaknya langkah Apple ini bisa dijadikan contoh perusahaan lain agar lebih mengutamakan penggunaan energi terbarukan ketimbang tetap mengandalkan energi listrik dari pembangkit listrik konvensional.

via Apple Newsroom

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.