Monitor detak jantung yang merupakan bawaan Apple Watch serta perangkat wearable lainnya dapat mendeteksi abnormalitas detak jantung dengan akurasi hingga 97 persen menurut studi baru yang dilakukan oleh tim developer aplikasi Cardiogram yang juga merilis aplikasinya di Apple Watch, dengan mitra peneliti dari University of California, San Francisco.

Lebih dari 139 juta pengukuran detak jantung dan hitungan langkah dikumpulkan dari 9750 pengguna aplikasi Cardiogram yang dilaksanakan di UC San Francisco Health eHealth Study, dengan data yang digunakan untuk melatih DeepHeart, jaringan neural dalam Cardiogram.

Setelah berlatih, DeepHeart dapat membaca data detak jantung yang dikumpulkan oleh alat wearable, dibedakan antara ritme jantung normal dan atrial fibrillation dengan tingkat akurasi hingga 97 persen, baik saat menguji pasien UCSF dengan penyakit jantung bawaan, maupun peserta Cardiogram.

Dengan tingkat akurasi hingga 97 persen, penelitian Cardiogram menunjukkan bahwa Apple Watch saja melakukan pekerjaan lebih baik dalam mendeteksi detak jantung dibandingkan aksesori yang bahkan mendapat sertifikasi khusus dari FDA (Lembaga Kesehatan Amerika), KardiaBand. Johnson Hsieh, mitra pendiri Cardiogram mengungkapkan:

97 persen akurasi ini mengacu pada c-statistic, atau area di bawah kurva spesifik sensitivitas. Hal yang mengejutkan, baik sensitivitas maupun tingkat spesifik DeepHeart bahkan lebih tinggi dibandingkan perangkat yang disertifikasi FDA yang memiliki pengukur EKG langsung — dengan tingkat sensitivitas 98% dan 90%.

Hasil penelitian ini diterbitkan pada JAMA Cardiology, mengonfirmasi hasil penelitian serupa yang pernah dilakukan pada bulan Mei 2017. Menurut Cardiogram, penelitian hari ini merupakan studi pertama yang dilakukan bersama antara perusahaan pembuat aplikasi dengan peneliti kesehatan. Ini menunjukkan bahwa perangkat wearable populer seperti Apple, Garmin, Polar, LG, dan lainnya memang dapat mendeteksi kondisi kesehatan umum.

Atrial fibrillation atau detak jantung abnormal, adalah kondisi yang merupakan indikasi masalah kesehatan utama, dan dapat memicu kegagalan jantung dan stroke. Atrial fibrillation ini seringkali sulit untuk didiagnosis, dan kondisi ini kini dapat dibantu oleh Apple Watch dan perangkat wearable lainnya.

Bertambah lagi satu alasan mengapa perlu bagi kamu untuk mengenakan perangkat wearable yang mampu mendukung kesehatan kamu!

 

Sumber: Macrumors

  Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.