Cara Cek File Berukuran Besar di Mac dengan DaisyDisk

Kamu pernah merasakan Mac dan MacBook kehabisan memori storage? Buat kamu yang memiliki ukuran penyimpanan yang besar di SSD atau harddisk mungkin tidak terlalu khawatir akan ketersediaan memori penyimpanan yang kosong di SSD atau hardisk Mac dan MacBook.

Untuk pengguna Mac dan MacBook dengan memori penyimpanan kecil, tentu saja hal ini menjadi sangat penting. Apalagi jika kamu memang sedang benar-benar butuh kapasitas penyimpanan tertentu untuk mengerjakan suatu project tertentu.

Kamu bisa mencari satu per satu di setiap folder dengan menggunakan Finder di macOS. Namun cara tersebut sangat tidak praktis. Tentu saja kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih mudah. Salah satu aplikasi macOS yang penting untuk diinstall di Mac dan MacBook adalah DaisyDisk.

DaisyDisk bisa memindai seluruh isi Mac dan menampilkan folder apa saja yang memakan penyimpanan yang besar. Dengan menggunakan DaisyDisk kamu bisa memutuskan file atau folder apa saja yang bisa kamu hapus karena terlalu besar dan memakan kapasitas penyimpanan Mac.

Caranya sangat mudah. Kamu bisa download DaisyDisk secara gratis di situs resminya. Setelah berhasil terdownload, kamu bisa langsung install ke Mac dan MacBook milikmu.

Cara Cek File Berukuran Besar di Mac dengan DaisyDisk

Setelah itu, kamu bisa lakukan scan atau pemindaian seluruh isi Mac dan MacBook milikmu. Proses pemindaian ini berlangsung cukup cepat, tidak sampai 2 menit, dan tergantung juga dengan ukuran penyimpanan di Mac dan MacBook milikmu. Semakin besar kapasitas penyimpanan tentu saja proses pemindaian akan semakin lama.

Cara Cek File Berukuran Besar di Mac dengan DaisyDisk

Setelah pemindaian selesai, kamu akan disuguhkan tampilan yang sangat indah. Di bagian kanan kamu bisa melihat informasi yang lebih sederhana. Kamu bisa cari file apa saja yang dirasa besar dan terlalu makan storage Mac.

Cara Cek File Berukuran Besar di Mac dengan DaisyDisk

Meskipun demikian, pastikan kamu tahu apa yang kamu hapus. Pasalnya, jika kamu salah hapus kamu akan membuat beberapa software mungkin tidak bekerja. Paling aman ya hapus berbagai file atau folder pengguna, dan jangan hapus file sistem.

Bagaimana? Kamu sudah coba DaisyDisk? Apakah kamu punya alternatif aplikasi lain selain DaisyDisk?

Download – DaisyDisk

  Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.