Fitur Baru Message Yang Bakal Hadir

Google Search kini tersedia dalam iMessage. Ini adalah upaya untuk pengalaman yang lebih integratif dari mesin pencari Google pada perangkat iOS. Google baru saja mengumumkan bahwa aplikasi pencarian untuk iOS telah menambahkan ekstensi iMessage, memungkinkan pengguna iPhone dan iPad untuk melakukan pencarian web, kemudian dengan cepat menambahkan hasil pencarian tersebut ke percakapan iMessage.

Saya sudah mencobanya dan ternyata memang sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia!

 

Ekstensi itu sendiri jelas terinspirasi oleh eksperimen Google dengan Gboard. Aplikasi keyboard pihak ketiga untuk iOS ini memungkinkan pengguna untuk melampirkan langsung website atau tautan ke video YouTube bagi sesama pengguna iOS.

Dengan ekstensi iMessage tersebut, pengguna bisa mengetikkan pertanyaan (query) di kotak pencarian, lalu bisa melampirkan tipe pencarian tertentu seperti cuaca, makanan, unit bisnis di sekitar, berita yang sedang tren, atau video.

Setiap pencarian ini akan disertai tombol “Share”, yang saat diketuk akan menambahkan item secara langsung ke percakapan iMessage sebagai sebuah kartu. Selain itu, aplikasi Google di iMessage ini juga menawarkan sebuah mesin pencari GIF, yang mana dapat diakses dengan mengetuk tombol “GIF” tepat di sebelah kanan kotak pencarian, yang mana memungkinkan kamu untuk memuat GIF pilihan dari situs seperti Giphy dan Tenor, yang mana dapat difilter lebih lanjut dengan melakukan pencarian. Fitur GIF ini juga sebelumnya cukup populer di Gboard untuk iOS.

Google juga menambahkan dua fitur baru yang terintegrasi dalam search engine untuk iOS miliknya. Yang pertama adalah opsi share sheet baru – Kini setelah kamu membagikan halaman web dari Safari dengan Google, maka ini juga akan menampilkan konten terkait. Fitur serupa juga diluncurkan tahun lalu, tapi agak mengganggu karena adanya pop up yang muncul menutup konten saat kita sampai ke bagian paling bawah halaman. Dengan fungsi Share baru Google ini, akan lebih mudah memindahkan halaman web secara langsung dalam Safari ke set hasil pencarian dengan topik yang sama. Ada juga fitur drag and drop baru di iPad. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memindahkan teks, gambar, dan tautan dari aplikasi Google, membagikan artikel dari Google ke iMessage, atau menyimpannya ke catatan untuk dibaca nanti.

 

Sumber: Techcrunch

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.