Inilah Alasan Mengapa Bluetooth di iOS 11 Terus Menyala

Mematikan Bluetooth dan Wi-Fi untuk menghemat baterai iPhone sepertinya sudah tidak akan berlaku lagi. Terlebih lagi di era sekarang di mana teknologi Bluetooth LE sudah berkembang sangat pesat, penggunaan energi tentu saja sudah bukan masalah besar lagi meskipun Bluetooth selalu menyala.

Terlebih lagi di iOS 11 ini, ketika kamu mencoba untuk mematikan Bluetooth di iOS 11 dari Control Center kamu akan mendapatkan peringatan bahwa mematikan Bluetooth dari Control Center cuma akan mematikan sambungan Bluetooth ke perangkat eksternal saja.

Mau mematikan Bluetooth sepenuhnya di iOS 11? Kamu harus masuk ke Setting dan mematikan Bluetooth dari pengaturan Bluetooth dari sana. Terlihat lebih ribet kan? Lalu apa alasan Apple mendesain seperti ini?

Bluetooth yang tidak bisa mati dari Control Center tersebut bukan merupakan bug iOS 11 dan memang didesain seperti itu. Bluetooth dibiarkan masih menyala dan hanya digunakan untuk berbagai keperluan lain seperti AirDrop, aksesoris penting Apple seperti Apple Pencil, dan lain sebagainya.

Fitur lain yang tidak kalah menarik dari penggunaan Bluetooth yang terus menyala ini adalah fitur “Hey Siri”. Buat kamu yang punya banyak perangkat Apple yang terhubung dalam satu Apple ID dan saling berdekatan, pasti pernah mengalami semua perangkat akan merespon panggilan Siri tersebut.

Kini semua perangkat tersebut akan berkomunikasi dengan Bluetooth dan menentukan perangkat mana yang harus menjawab panggilan Siri tersebut. Perangkat yang paling dekat akan menjawab panggilan Hey Siri.

Membiarkan Bluetooth terus menyala sebenarnya lebih banyak membawa manfaat karena banyak sekali fitur-fitur tersembunyi yang kadang tidak kita rasakan manfaatnya secara sadar. Salah satunya adalah Siri ini. Lagipula, teknologi Bluetooth di perangkat terbaru sudah hemat energi.

via Apple Support

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.