via Apple Insider

Apple memberikan cara baru bagi musisi untuk meneliti kebiasaan mendengarkan lagu penggemarnya, yaitu Apple Music for Artist. Saat ini software ini masih dalam tahap beta, namun dasbor ini menawarkan data bagi band dan artis terkait kinerja mereka di Apple Music dan iTunes.

Untuk sementara, software ini masih diluncurkan hanya untuk beberapa ribu artis. Apple Music for Artist adalah alat analitik yang merinci streaming dan penjualan lagu perseorangan dari berbagai cara. Billboard melaporkan bahwa dasbor ini menawarkan perincian tingkat tinggi terhadap performa lagu, termasuk bagaimana berbagai macam demografi yang berbeda dan pemirsa sasaran dari musik karya para seniman ini.

Dari homepage, data utama yang ditampilkan mencakup pemutaran, spin, lagu yang diputar, dan pembelian album dari Apple Music dan iTunes, dilengkapi dengan pemberitahuan saat mencapai milestone atau prestasi tertentu. Data ini dapat dipersempit ke periode waktu yang spesifik, termasuk 24 jam terakhir dan semua aktivitas sejak peluncuran Apple Music pada tahun 2015.

Pengguna juga dapat memperbaiki data secara geografis, memilih beberapa negara spesifik dari daftar 115 negara tempat Apple Music beroperasi, dan juga bahkan memerinci data pemutaran dari kota tertentu. Di level ini, artis atau band akan mengetahui di kota mana mereka populer, rentang usia mana yang menyukai lagu mereka, dan sebagainya.

Data lain yang disediakan oleh layanan ini adalah bagaimana Apple melakukan kurasi atau pemilihan terhadap lagu-lagu untuk ditujukan bagi demografi tertentu, dan bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat pemutaran lagu. Tentu saja dasbor ini juga menghitung royalti dan pendapatan artis dari karya yang diputarnya di Apple Music dan iTunes.

Diharapkan software ini akan membantu terus menghidupkan dunia musik, karena para musisi nantinya memiliki sarana untuk menghasilkan uang dari karya yang dibuatnya. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi kamu jika saat ini kamu merasa bahwa musik adalah jalan hidupmu. Kamu tidak akan lagi kesulitan untuk mencari pendapatan dari bidang ini.

 

Sumber: Apple Insider

  Fitur Baru iOS 12 Beta 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.