Home iPad Industri Periklanan Terpukul oleh Fitur Pencegahan Pelacakan di Safari

Industri Periklanan Terpukul oleh Fitur Pencegahan Pelacakan di Safari

Cara Mengganti Default Search Engine Safari di iPhone (1)

Perusahaan internet dikabarkan bakal kehilangan ‘ratusan juta dolar’ setelah diberlakukannya fitur anti-tracking di Safari bersama iOS 11 dan MacOS High Sierra. Kabar ini pertama kali dilansir oleh The Guardian. Surat kabar asal Inggris ini menyebut sumbernya, salah satu perusahaan iklan terbesar, Criteo, bahwa Pencegahan Pelacakan Cerdas yang ditanamkan Apple pada Safari ini memiliki dampak negatif sekitar 22 persen terhadap proyeksi pendapatan 2018 mereka. Perusahaan iklan lain juga bakal mengalami kerugian yang sama.

“Kami menduga banyak perusahaan akan mendapatkan dampak negatif serupa dari perubahan pelacakan Safari milik Apple. Lebih lanjut, kami juga memperkirakan bahwa Apple akan mempertahankan ITP dan terus memperbaiki hal ini,” Demikian klaim Dennis Buchleim dari Interactive Advertising Bureau

Teknik Intelligent Tracking Prevention diperkenalkan oleh Apple di iOS 11 dan Safari 11 di MacOS High Sierra 10.13 yang mana dirilis September 2017 lalu. Intelligent Tracking Prevention dirancang untuk menghentikan perusahaan iklan dari tindakan invasif melacak kebiasaan browsing pelanggan di seluruh website. Intelligent Tracking Prevention ini tidak memblokir iklan – hanya mencegah website untuk melacak kebiasaan browsing pengguna tanpa seizinnya.

Tidak berapa lama setelah peluncuran fitur baru ini, kelompok perusahaan iklan meminta Apple untuk ‘memikirkan ulang’ posisi mereka di dunia teknologi serta keputusannya untuk memblokir pelacakan lintas situs dengan alasan bahwa ‘Apple akan menyabotase model ekonomi internet’.

Sebuah surat terbuka ditandatangani oleh Data and Marketing Association dan Network Advertising Initiative menyatakan bahwa komunitas iklan digital kolektif sangat ‘khawatir’ karena sistem pencegahan pelacakan lintas website milik Apple adalah ‘pilihan buruk bagi pelanggan’

Namun Apple bersikukuh dengan alasan bahwa konsumen mereka ‘berhak atas privasi yang lebih baik’.

Teknologi pelacakan iklan telah menjadi begitu pervasif sehingga memungkinkan bagi perusahaan pelacakan iklan untuk membuat ulang riwayat web browsing seseorang. Informasi ini dikumpulkan tanpa izin dan digunakan untuk penargetan ulang iklan, yang mana menjadikan iklan mengikuti kemana pun seseorang pergi di Internet. Fitur Intelligent Tracking Prevention yang baru ini mendeteksi dan menghapus cookies serta data lain yang digunakan untuk pelacakan lintas situs, yang mana berarti membantu seseorang melakukan browsing secara pribadi.

Pengguna perangkat Apple, yang menjalankan iOS 11 dan macOS High Sierra, dapat memeriksa ulang untuk memastikan Intelligent Tracking Prevention sudah aktif di perangkat. Di iOS 11, tombol untuk menonaktifkan pelacakan lintas website dapat diakses dengan membuka Settings > Safari > Prevent Cross-Site Tracking. Dengan MacOS High Sierra, fitur tersebut dapat diaktifkan dengan membuka bagian Preferences dari Safari, memilih Privacy, lalu memeriksa “Prevent Cross-Site Tracking”.

Menurut kamu apakah langkah yang diambil Apple ini sudah tepat? Ataukah kamu mendukung diperbolehkannya pelacakan untuk mendapatkan pengalaman iklan yang lebih baik yang ujungnya mendukung ekonomi ala internet yang serba gratis?

 

Sumber: Macrumors

  Cara Menghilangkan Noise Pada Audio  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I'm into introversion.. Totally!..