Home Mac Bedah iMac Pro, Ternyata Banyak Komponen Modular!

Bedah iMac Pro, Ternyata Banyak Komponen Modular!

iMac Pro kini telah tersedia di toko retail Apple. All in one dengan performa workstation yang dijual dengan harga mulai dari $5000 ini akhirnya masuk dapur iFixit. Namun, ternyata ada hal tak terduga yang ditemukan dalam iMac Pro.

iFixit membedah iMac Pro dengan model 8-core prosesor, 32GB RAM dan 1TB SSD. Tak seperti iMac 27 inci yang memiliki katup untuk mengupgrade RAM dari belakang, iMac Pro memiliki desain serba tertutup layaknya seri iMac 21 inci. Untuk mengakses komponen didalamnya, kamu harus memisahkan layar dengan body iMac Pro.

images via iFixit

Akan tetapi, ternyata bagian dalam iMac Pro benar-benar berbeda dengan seri iMac yang lain. Hal paling mencolok adalah desain dari komponen yang memanage panas (dua kipas raksasa, heat sink, dan ventilasi) yang memang didesain untuk mendinginkan prosesor Xeon dan GPU Radeon Pro Vega.

Menariknya, hampir semua komponen penting ini modular. Secara teknis, kamu bisa mengupgrade CPU. Namun mengingat CPU iMac adalah seri custom, jadi mungkin kamu tidak akan bisa menemukannya di pasaran dengan mudah. Hal yang sama juga terdapat pada SSD. Bisa diupgrade secara teknis, namun tidak mudah mencarinya di pasar. Mungkin suatu hari nanti akan ada yang menjual komponen iMac Pro tak terpakai untuk di kanibal. Akan tetapi berbeda ceritanya dengan RAM. RAM iMac Pro menggunakan DDR4 ECC 288-pin dengan chip standar. Kamu bisa mendapatkan RAM ini dengan mudah di toko komputer. Komponen yang tidak bisa diupgrade adalah GPU, karena tersolder langsung ke Motherboard.

iMac Pro menggunakan panel layar LG yang sama dengan di iMac 27 inci 5K. Akan tetapi karena kabel layar dan kamera yang berbeda, kamu tidak bisa saling menukar layar antara iMac Pro dengan iMac standar.

Meskipun banyak komponen yang modular, iFixit hanya memberi nilai 3/10. Hal tersebut dikarenakan akses untuk membuka iMac Pro dinilai cukup sulit untuk pengguna awam.

Apple yang terkenal pelit upgrade, ternyata malah royal dengan komponen iMac Pro. Meskipun alasannya demi ‘mempertipis’ dan ‘mempercantik’ iMac, padahal kalau mau usaha sedikit, Apple bisa lho membuat iMac cantik tapi lebih upgradable. Tapi… yah.. it’s about $$$ baby.

via MacRumors, iFixit

  Cara Menghilangkan Noise Pada Audio  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.