Source Code Apple Lisa Akan Dirilis Gratis di 2018
via 9to5Mac

Buat kamu penggemar fanatik Apple, pasti tahu dengan komputer Lisa dong? Ya, Lisa adalah salah satu dari beberapa komputer Apple pada awal mereka terjun dalam bisnis komputer desktop. Ini adalah komputer sebelum era komputer Macintosh.

Dilansir dari 9to5Mac, The Computer History Museum akan melepas source code dari sistem operasi Lisa tersebut. Perilisan source code tersebut akan dilakukan di tahun 2018 mendatang, meskipun belum jelas kapan.

The History Museum telah mengumumkan bahwa mereka telah melakukan recovering terhadap sistem operasi tersebut, dan kini hasilnya sedang dilihat dan direview oleh Apple. Mereka akan melepas source code tersebut begitu sudah selesai direview oleh Apple.

Baca Juga:

Sebelumnya, orang-orang sudah bisa menjalankan Lisa OS dengan menggunakan emulator tertentu dan juga dengan teknik tertentu. Namun kini Apple akan terlibat dengan merilis source codenya, dan bukan sekedar “third-party hack solution” seperti sebelumnya.

Sekedar informasi, di eranya pada tahun 1983, Lisa dirilis ke pasaran oleh Apple dengan harga $10.000. Jika diakumulasi dengan inflasi, maka harganya sekitar $25.000 sekarang ini.

Meskipun super mahal, namun jangan bandingkan sistem operasi tersebut dengan macOS yang sekarang ya. Tentu saja macOS yang sekarang ini merupakan platform Apple yang sudah berkembang jauh jika dibandingkan dengan sistem operasi terdahulu.

Bagaimana menurutmu? Apakah sistem operasi Lisa ini masih menarik?

via 9to5Mac

  VPN Gratis Unlimited  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.