Home Editorial 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman
via Pexels

Meskipun di awal-awal update macOS High Sierra ini mendapatkan banyak kritikan soal keamanan Mac, mulai dari KRACK sampai bug akses root tanpa password, namun macOS masih dianggap lebih aman dari Windows.

Apple memang cukup rajin dan cekatan dalam merilis update security ketika ditemukan celah keamanan di Mac. Untuk hal-hal semacam ini, ini adalah urusan Apple. Lalu kita sebagai pengguna, apakah ada cara meningkatkan keamanan Mac dan MacBook?

Beberapa tips sederhana ini bisa kamu terapkan untuk membuat Mac dan MacBook menjadi lebih aman. Mulai dari lebih aman dari serangan program jahat atau malware seperti virus, hingga kejahilan orang-orang di sekitar kita.

 

Password Mac / MacBook

Tips keamanan pertama yang paling penting adalah password macOS. Ya, password ini adalah password yang digunakan ketika kita akan login ke Desktop setelah menyalakan Mac atau memulai Mac dari kondisi sleep.

Untuk sekedar masuk dan login ke Desktop, tentu saja kamu bisa login tanpa password. Namun tahukah kamu jika password ini juga sangat penting untuk menjaga akses user lain yang mungkin saja tidak bertanggung jawab?

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman
via Apple

Bukan cuma sekedar masuk dan login ke Mac atau MacBook kamu, orang lain juga bisa menginstall program jahat ke sistem macOS. Jika proses ini melibatkan modifikasi sistem, maka macOS akan meminta password administrasi sebelum melanjutkan proses.

Jika tidak ada password Mac, maka orang lain bisa bebas masuk ke Mac dan mengubah pengaturan sistem, menghapus file, menginstal program jahat, dan lain sebagainya. Jadi kamu wajib membuat password di Mac. Sekedar tips, gunakan password yang unik yang beda dari yang lain, namun tetap aman serta tidak mudah ditebak oleh orang lain.

 

Guest User

Jika kamu ingin mempersilakan orang lain menggunakan Mac atau MacBook milikmu, saran saya jangan sekali-kali kamu beri akses akun Admin. Bukan bermaksud pelit, tapi bukankah mencegah sesuatu hal buruk terjadi itu lebih baik?

Hal buruk apa yang saya maksud ini? Bisa jadi orang lain yang pinjam Mac kita tidak sengaja menghapus file penting milik kita, atau mungkin malah memang sengaja melakukan hal-hal buruk, install software berbahaya, mengakses web yang berpotensi mengandung virus, dan lain sebagainya.

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Solusinya adalah kita bisa mempersilakan orang tersebut untuk menggunakan Guest User. Mode ini tidak akan bisa mengakses semua pengaturan dan hal-hal lain yang bisa dilakukan oleh admin. File dan semua data yang ada di akun Admin juga tidak bisa diakses dari Guest User ini.

Untuk tutorial lengkap cara menggunakan Guest Mode di macOS ini, kamu bisa baca artikel lengkap di sini -> Baca: Cara Menggunakan Guest Mode di Mac dan MacBook.

 

Two-Step Verification

Ingin keamanan tambahan untuk akses Apple ID? Kamu bisa mengaktfikan Two-Step Verification. Verifikasi ini nantinya selain melibatkan Mac itu sendiri, juga akan melibatkan perangkat Apple lain juga, seperti iPhone, iPad atau iPod Touch.

Untuk lebih jelasnya mengenaik fitur Two-Step Verification ini, kamu bisa selengkapnya di sini -> Baca: Apa Itu Verifikasi Dua Langkah Apple ID?

 

Firewall macOS

Apa itu Firewall? Firewall adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan. Intinya sih, Firewall membuat akses ke jaringan menjadi lebih aman, entah itu akses keluar atau akses masuk.

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Kalau kamu termasuk orang yang gemar dengan software Anti Virus, pasti juga sering mendengar istilah Firewall ini. Beberapa software Anti Virus sering mengklaim bahwa Firewall mereka adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Untungnya, kamu tidak perlu install software apapun karena macOS sudah punya fitur Firewall built-in. Cukup aktifkan saja, dan pengguna Mac dan MacBook bisa mendapatkan keamanan tambahan secara otomatis.

 

Pilihan Install Aplikasi Mac

Software yang disarankan untuk diinstall ke macOS hanyalah aplikasi dari App Store dan juga software dari pengembang terpercaya saja. Selain itu, sangat tidak disarankan untuk menginstall software dari pihak yang kurang terpercaya.

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Itu sebabnya akses install software Mac dengan penerbit yang kurang terpercaya menjadi dihilangkan secara default di macOS Sierra. Meskipun demikian, kamu masih bisa mengaktifkannya dengan sedikit trik. Baca: Cara Install Semua Software ke macOS.

Meskipun bisa, namun saya sarankan sih jangan pernah install software dari sumber yang tidak terpercaya. Kecuali kamu memang benar-benar mengetahui bahwa sang developer tidak memasang program jahat, maka dalam hal ini tidak masalah.

 

FileVault

FileVault adalah fitur yang membuat startup disk di Mac dan MacBook menjadi terenkripsi. Dengan dienkripsinya semua isi disk, tentu saja file-file yang ada di dalamnya menjadi lebih aman, khususnya jika kamu adalah orang penting yang menyimpan banyak informasi penting pula.

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Kamu bisa membaca informasi lengkap FileVault di sini. Namun saya pribadi tidak menggunakan fitur ini. Pernah sih sekali, tetapi saya memang bukan orang penting jadinya saya matikan lagi fitur ini, hehe…

 

Privasi

Program jahat bisa saja mencuri data dari pengaturan privasi lho. Beberapa informasi privasi seperti lokasi, kontak, kalender, dan bahkan semua username dan password di Keychain.

Setiap software yang terinstal di macOS kadang akan meminta izin untuk mengakses informasi tertentu. Jika aplikasi tersebut adalah aplikasi penting dan berasal dari sumber terpercaya, kamu bisa memberikan akses tersebut. Jika tidak, sebaiknya jangan beri akses.

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Kamu bisa meninjau apa saja aplikasi yang bisa mengakses beragam informasi privasi di System Preference – Security & Privacy. Jika dirasa ada aplikasi aneh yang menggunakan akses privasi, langsung matikan saja aksesnya. Bila perlu, hapus juga aplikasinya.

 

Sharing

Mac dan MacBook juga bisa mengakses fitur sharing dengan komputer atau perangkat lain dalam satu jaringan yang sama. Mulai dari File Sharing, Bluetooth Sharing, Printer Sharing, dan lain sebagainya. Kamu bisa cek di System Preference – Sharing.

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Jika memang tidak diperlukan, maka sebaiknya matikan saja fitur sharing tersebut. Kamu bisa aktifkan lagi jika memang benar-benar membutuhkan fitur sharing ini. Misalnya saja File Sharing. Bisa jadi ada akses asing yang masuk ke komputer tanpa sepengetahuan kita jika kita lupa tidak mematikan File Sharing.

 

Firmware Password

Khawatir orang lain akan menggunakan Mac atau MacBook milikmu untuk booting dengan menggunakan disk eksternal? Kamu bisa pakai Firmware Password untuk mencegah booting dari disk eksternal secara sepihak oleh orang lain.

Password ini hanya akan diminta ketika Mac ingin dimulai / boot dari ekstenal disk, boot ke Recovery Mode, Single User Mode, dan beberapa kondisi lain. Tentu saja hal ini membuat akses orang lain.

 

Install Anti Virus Mac?

Secara teori, memasang software Anti Virus di Mac tentu saja membuat Mac menjadi jauh lebih aman dari virus. Namun apakah Anti Virus di Mac ini benar-benar sebuah kebutuhan yang mendesak?

Jika kamu sudah menerapkan semua tips keamanan di atas, sebenarnya kamu tidak perlu software Anti Virus. Ya, cukup install software legal dari sumber terpercaya, mengaktifkan firewall, membuat password admin, dan lain-lain sudah cukup untuk membuat Mac aman.

Selain itu reputasi software Anti Virus, di Windows misalnya, bisa menyebabkan performa komputer menjadi menurun. Hal ini karena Anti Virus terus bekerja di latar belakang dan memindai semua file dan data di dalam komputer. Jadi kalau sudah cukup aman, lebih baik tidak usah install Anti Virus. Baca: Apakah Komputer Mac dan MacBook Lebih Aman dari Virus?

Bagaimana? Punya tips lain untuk meningkatkan keamanan di Mac dan MacBook?

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Hampir Fanboy | Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode