Home Tutorial Mengenal Fitur Activation Lock di iPhone

Mengenal Fitur Activation Lock di iPhone

Mengenal Fitur Activation Lock di iPhone

Mungkin sebagian dari kita pernah atau akan berencana untuk membeli iPhone berkas. Biasanya, si penjual akan mengaku bahwa iPhone yang dia jual sudah aman dan sudah ter-unlock. Mungkin bagi kamu yang membeli dari teman atau orang terdekat, kamu masih bisa bertanya kepada mereka tentang masalah ini. Namun jika kamu sedang bertransaksi online dengan penjual yang entah siapa dan di mana, bagaimana?

Salah satu fitur yang terkenal di iPhone adalah fitur Activation Lock. Fitur ini sangat bermanfaat jika iPhone milik kita hilang atau telah dicuri. Fitur ini dapat mengamankan perangkat seperti mengunci perangkat hingga menghapus semua data yang ada di perangkat. Jadi hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menggunakan fitur ini. Siapakah orang tersebut? Tentu saja sang pemilik iPhone yang mengetahui nama pengguna dan sandi Apple ID dalam perangkat tersebut.

Jika kamu mendapatkan iPhone dalam kondisi bekas, kamu harus berhati-hati. Bisa saja iPhone tersebut adalah iPhone hasil curian. Bagaimana cara mengetahuinya? Memang kita tidak pernah tahu apakah iPhone bekas yang akan kita beli adalah produk curian atau bukan, namun salah satu bukti yang jelas apakah iPhone yang akan kita beli tersebut hasil curian atau bukan adalah dari fitur Activation Lock itu sendiri.

Ketika menghidupkan fitur Cari iPhone Saya, maka fitur Activation Lock juga akan ikut aktif. Nama pengguna dan sandi juga akan disimpan di server Apple. Fitur ini akan secara otomatis memungkinkan sang pemilik iPhone yang asli untuk mencari lokasi iPhone, menghapus perangkat, memulihkan perangkat, dan lain-lain.

Cara mengecek apakah fitur Activation Lock sudah dinonaktifkan atau belum sangatlah mudah jika iPhone tersebut sudah berada di tanganmu. Kamu cukup masuk ke Pengaturan – iCloud dan lihatlah apakah masih ada akun iCloud orang lain di sana. Namun jika kamu berniat membeli iPhone bekas secara online, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut ini :

  1. Masuk ke halaman com/activationlock
  2. Masukkan IMEI/Serial.
  3. Akan muncul tampilan status Activation Lock apakah dalam keadaan mati atau sedang menyala.
    Mengenal Fitur Activation Lock di iPhone

Jika kamu mendapati Activation Lock dalam keadaan masih menyala, kamu bisa menghubungi pemilik sebelumnya untuk menghapus dan menonaktifkan Activation Lock. Caranya cukup logout iCloud dari menu Pengaturan – iCloud. Jika dia benar-benar pemilik asli dari iPhone tersebut, dia pasti bisa melakukannya karena tahu nama pengguna dan sandi Apple ID. Namun jika dia tak bisa melakukannya, patut dicurigai. Karena bagaimanapun juga, cuma pemilik asli yang tahu nama pengguna dan sandi akun Apple yang ditautkan.

Nah bagaimana? Semoga artikel ini bermanfaat

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode