Home Editorial Menghitung Langkah dan Jarak Berlari dengan iPhone

Menghitung Langkah dan Jarak Berlari dengan iPhone

Bagaimana Cara iPhone Bisa Mengukur Jumlah Langkah, Jarak Berjalan, dan Berlari?

Pengguna perangkat wearable berjenis fitness tracker pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur khusus yang dibenamkan pada perangkat milik mereka seperti penghitung jumlah langkah, jarak total berjalan, berlari, dan sebagainya. Fitur-fitur tersebut memang merupakan fitur wajib sebuah fitness tracker untuk mengukur sesuatu. Namun, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa mendapati fitur tersebut hanya dalam sebuah iPhone?

Jika kamu suka menggunakan iPhone sambil menggunakan berbagai macam olahraga seperti berlari, bersepeda, atau cuma berjalan, mungkin kamu sadar (atau tidak sadar -_-) bahwa ternyata iPhone milikmu bisa mengukur jumlah langkah, jarak berjalan, berlari, dan sebagainya. iPhone bahkan bisa menghitung jarak tanpa GPS lho. Sebenarnya, bagaimana cara sebuah iPhone bisa melakukan itu semua?

Sebelum kamu penasaran,¬† harus saya jelaskan terlebih dahulu bahwa fitur ini hanya dimiliki oleh iPhone 5s dan model yang lebih baru. Hal ini karena ketersediaan hardware khusus yang hanya ada di model iPhone 5s dan model yang lebih baru. Untuk model iPhone 5 dan model lainnya yang lebih lawas, jangan terlalu berkecil hati. Kalian tetap boleh membaca artikel ini hehehe…

Saat pertama kali diperkenalkan, iPhone 5s membawa banyak sekali fitur baru. Selain membawa prosesor A7 yang merupakan prosesor 64 bit pertama di dunia perangkat mobile, iPhone 5s juga membawa sesuatu yang baru yaitu Co-prosesor M7.

Nah, tugas M7 inilah yang mengelola semua sensor yang ada di iPhone. iPhone akan memisahkan tugas prosesor utama sebagai otak utama iOS dengan prosesor khusus yang hanya menangani seluruh aktivitas sensor.

Bagaimana Cara iPhone Bisa Mengukur Jumlah Langkah, Jarak Berjalan, dan Berlari?

Alhasil, secara ajaib, iPhone 5s mampu merekam semua aktivitas seperti melangkah, berjalan, hingga berlari. Dengan tugas yang terpisah dari prosesor utama, M7 diklaim bisa bekerja maksimal namun tetap bisa menghemat baterai.

Rupanya terbukti, M7 bisa merekam semua aktivitas saya dan menyimpannya di aplikasi kesehatan. Co-prosesor ini ditingkatkan lagi di versi selanjutnya, M8 di iPhone 6/6 plus dan M9 di iPhone 6s/6s plus. Dukungan sensor baru seperti barometer membuat kamu bisa mengukur jumlah anak tangga terpanjat.

Jika kamu menggunakan bantuan aplikasi seperti Nike+ Running atau Withings, kamu bisa mendapatkan lebih banyak data seperti kalori terbakar, jarak bersepeda, waktu olahraga, dan lain-lain. Pengukuran akan jauh lebih akurat karena selain aplikasi bisa menggunakan GPS, iPhone secara alami juga bisa mengukur jarak skalar tanpa GPS.

Bagaimana? Sudah tahu kan?

 

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode