Home News Aplikasi ‘Nude’ dapat Mendeteksi dan Melindungi Foto ‘Pribadi’ Kamu di iPhone

Aplikasi ‘Nude’ dapat Mendeteksi dan Melindungi Foto ‘Pribadi’ Kamu di iPhone

via 9to5Mac

Kalau kamu masih mengingat ‘skandal’ ‘the Fappening’ yang mana foto-foto ‘pribadi’ selebriti diretas dari iCloud dan disebarkan ke publik, maka jelas bahwa membiarkan foto ‘pribadi’ di iPhone merupakan hal yang kurang bijak. Namun kini kita tidak perlu khawatir lagi! Sebuah aplikasi mengklaim mampu memindai iPhone untuk mencari foto-foto kita yang ‘memperlihatkan terlalu banyak kulit’ dan melindunginya dalam aplikasi tersebut (kita bisa mengaksesnya dari aplikasi tersebut) dan kemudian menghapus foto kita yang berada di rol kamera dan iCloud.

The verge melaporkan bahwa dua pengembang tersebut mendapatkan tanggapan yang sama dari sebagian besar orang saat pertama kali menyajikan aplikasi tersebut.

Jessica Chiu dan Y.C. Chen yang mengembangkan aplikasi tersebut bersama dengan sebuah tim kecil menyatakan bahwa mereka mendapatkan permintaan konstan saat mempromosikan aplikasi tersebut di konferensi TechCrunch Disrupt. “Semua orang berkata, ‘Oh, saya tidak memiliki foto telanjang – Tapi tolong ceritakan lebih lanjut tentang aplikasimu'”

Bahkan dalam pengembangannya, Chiu juga berbicara dengan para aktris Hollywood yang terlibat dalam proyek film tertentu.

Setiap orang memiliki foto ‘sensitif’ dalam ponsel atau laptopnya, aktris yang saya ajak berbicara juga ragu tentang cara menjaganya tetap aman. Dia juga mengungkapkan bahwa teman-temannya suka meminjam ponselnya dan melihat-lihat galeri kemudian akhirnya melakukan swipe terlalu jauh dan melihat foto telanjangnya

Tentu saja tidak ada gunanya mengembangkan aplikasi ini jika pada akhirnya foto ‘pribadi’ tersebut tetap disimpan di Cloud. Maka dalam hal ini framework CoreML milik Apple memainkan peranan penting.

Foto yang ada di perangkat Anda tidak dikirim ke server milik aplikasi Nude sendiri. Syukurlah ada CoreML, framework mesin pembelajar yang diperkenalkan Apple bersama iOS 11. Perpustakaan ini memungkinkan pengembang untuk melakukan tugas intensif pembelajaran seperti mengenali gambar di perangkat itu sendiri tanpa mentransmisikan gambar ke server.

Salah satu tantangan yang mungkin saat ini masih dihadapi CoreML adalah membedakan contoh foto telanjang dengan foto hasil unduhan dari situs porno. Namun tim terus berupaya untuk mengembangkan aplikasi ini. Saat ini kamu dapat mengunduh Nude secara gratis dari App Store, tapi ada opsi berlangganan USD 0,99 per bulan.

Tertarik untuk menggunakan Nude? Sepertinya memang saya tidak lagi perlu mengkhawatirkan foto saya yang ‘memperlihatkan terlalu banyak kulit’ di iPhone saya meskipun perangkat saya dipinjam oleh teman-teman dengan adanya aplikasi ini!

 

Sumber: 9to5mac

 

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I’m into introversion.. Totally!..