Home iPhone iPhone 8 dan iPhone X Bisa Kamu Charge Lebih Cepat, Tapi Ada...

iPhone 8 dan iPhone X Bisa Kamu Charge Lebih Cepat, Tapi Ada Syaratnya

via 9to5mac

Salah satu fitur baru yang diintegrasikan pada iPhone 8 dan iPhone X yang baru saja dirilis beberapa hari yang lalu adalah adanya wireless charging. Konsep umum tentang wireless charging adalah: Pasti daya baterai lebih lambat penuh karena fitur ini memanfaatkan konversi daya magnetik menjadi listrik, yang menjadikan daya yang masuk tentu saja bukan dalam kekuatan dan kecepatan penuh. Lalu bagaimana jika kita ingin agar baterai iPhone terisi jauh lebih cepat?

Tentu saja solusinya tetap menggunakan kabel charger. iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X mendukung fast charging (yang mungkin bagi dunia Android lebih familiar).  Baterai mulai dari 0 sampai 50% terisi dalam waktu 30 menit saja. Namun untuk dapat memanfaatkan fast charging, kamu memerlukan charger USB-C Apple dan kabel Lightning (dijual terpisah).

Pada halaman spesifikasi teknologinya, Apple mengungkap bahwa kedua baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dapat diisi hingga setengah kapasitasnya hanya dalam waktu setengah jam, jika dimulai dengan baterai yang telah benar-benar habis.

Masa pakai baterai iPhone 8 kira-kira setara dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Dengan daya penuh, diharapkan baterai bisa bertahan dalam penggunaan internet aktif hingga 12 jam pada iPhone 8 dan iPhone X, sementara iPhone 8 Plus yang memiliki baterai lebih besar, tentu saja lebih lama lagi, yaitu 13 jam!

Dengan pengisian daya cepat yaitu 50% dalam 30 menit, kamu memperoleh tambahan jam kerja baterai secara efektif pada siang hari, meskipun nantinya kamu cuma sempat sebentar mengisinya.

Namun, untuk melakukan  fast charging, kamu tidak dapat menggunakan kabel Lightning to USB-A yang disertakan dalam kemasan. Pengisian cepat memerlukan USB-C to Lightning cable dan USB-C wall charger. Apple menjual varian 29W, 61W dan 87W dari adaptor daya USB-C-nya. Harganya berkisar antara USD 49 hingga USD 79.

Apple tidak menjelaskan terperinci bagaimana setiap model mempengaruhi waktu pengisian daya, tidak dijelaskan apakah model 29W yang termurah dapat mencapai charging hingga 50% dalam 30 menit seperti yang diiklankan.

Seperti biasa, Apple memperingatkan waktu pengisian ulang yang sebenarnya bervariasi dalam banyak kondisi, bisa jadi memerlukan waktu lebih lama dari 30 menit dalam beberapa kasus. Bagaimanapun juga, cukup menyenangkan melihat Apple pada akhirnya menambahkan fitur pengisian cepat ke jajaran iPhone meski aksesorisnya tidak termasuk di dalam satu paket.

 

Sumber: 9to5mac

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I’m into introversion.. Totally!..