Home News Apple Memasukkan iPod Nano dalam Kategori ‘Usang’

Apple Memasukkan iPod Nano dalam Kategori ‘Usang’

via 9to5Mac

Apple awal minggu ini menambahkan produknya yang sempat merajai dunia: iPod Nano, ke dalam kategori ‘usang’. Dengan dimasukkannya produk tersebut ke kategori ini, berarti jika kamu adalah pemilik iPod nano, maka kamu tidak akan lagi mendapatkan dukungan Apple dalam hal perbaikan dan layanan.

Ini memang bukan sebuah kejutan besar. Meskipun Apple secara reguler menambahkan produk tuanya ke kategori produk ‘usang’ (vintage and obsolete), keseluruhan iPod Nano dan iPod Shuffle sudah lama dikabarkan bakal masuk daftar ini. Jadi tidak mengejutkan bahwa iPod Nano generasi keenam akhirnya juga masuk daftar ini. Apple kini tidak lagi berkewajiban untuk menyediakan dukungan terhadap perangkat ini, kecuali di California yang memiliki undang-undang tertentu untuk perpanjangan masa pakai.

iPod generasi keenam dirilis pada September 2010 dan dinyatakan discontinued dua tahun setelahnya. iPod ini memiliki kenangan tersendiri bagi penggemar iPod karena bentuknya yang kotak, sehingga mirip Apple Watch tanpa tali pemasang (strap).

Sebelumnya, Apple juga memasukkan beberapa produk Mac dan iPhone ke daftar ‘usang’ ini termasuk Macbook Air dan Macbook Pro yang dianggap sudah usang, antara lain iPhone 4, Macbook Air 13″ generasi ke 3, dan beberapa produk lainnya.

Oya, jika kamu penasaran tentang kisah bagaimana iPod menjadi produk yang mendunia, maka kamu bisa mengikuti kisah kedigdayaan iPod ini dengan membaca artikel seru di Winpoin dari kolega saya, Kiki: Kisah Silicon Valley #16: Perang Musik Digital – Kehancuran Dunia Musik dan Kisah Silicon Valley #17: Perang Musik Digital – Fenomena iTunes dan iPod.

 

Sumber: 9to5Mac

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I’m into introversion.. Totally!..