Home Tutorial Menginstall OS X ke Drive Eksternal

Menginstall OS X ke Drive Eksternal

Menginstall OS X ke Drive Eksternal

Memperbaiki OS X yang bermasalah sebenarnya mudah kok. Kita bisa menginstall ulang langsung dari server Apple dan langkah-langkah pemasangannya yang sangat mudah. Namun masalah terbesar dari metode instalasi ulang seperti ini adalah dari sambungan internet. Jika kamu punya koneksi yang cepat dan tak terbatas, selamat. Namun bila kamu termasuk kaum-kaum yang tidak selalu punya koneksi internet unlimited seperti saya pasti sangat kerepotan. Apakah ada solusi? (BACA -> Cara instal ulang OS X).

Kamu bisa menginstall OS X ke drive eksternal untuk menggunakannya sebagai startup disk. Ini sebenarnya cukup berguna, terlebih lagi bila kamu adalah seorang profesional IT atau kamu harus mengetes masalah. Saat drive eksternal tersambung ke Mac, kamu bisa memilihnya sebagai startup disk untuk menjalankan OS X.

Drive eksternal memerlukan partisi GUID dengan minimal 8 GB dari ruang yang tersedia untuk menginstal OS X. Untuk hasil terbaik, volume harus diformat sebagai format Mac OS X Diperluas (bukan FAT, NTFS, atau EXFAT). Jika kapasitas disk tidak mencukupi, kamu bisa menformat disk untuk mengosongkan disk.

Setelah memiliki disk yang cukup, kita bisa menggunakan beberapa cara untuk memasang OS X ke drive eksternal. Salah satunya melalui pemulihan OS X. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Nyalakan Mac.
  2. Tekan Command + R hingga logo Apple muncul.
  3. Sambungkan ke sambungan internet.
  4. Pilih install OS X.
    Begini ini Cara Install Ulang OS X yang Baik dan Benar
  5. Ikuti petunjuk pemasangan. Saat pemasangan, pilih drive eksternal yang diinginkan.

Kamu juga bisa memasang OS X dari App Store ke Drive Eksternal. Berikut adalah cara-caranya :

  1. Masuk ke Mac App Store.
  2. Tahan tombol Option dan klik tab Pembelian. Kamu akan melihat versi OS X yang sudah dibeli.
  3. Klik tombol Instal di samping versi OS X yang ingin Anda unduh. Mac App Store akan menampilkan OS X sebagai “Terinstal” pada panel pembelian. Saat kamu menahan tombol Option, panel akan berubah menjadi “Unduh”.
    Menginstall OS X ke Drive Eksternal
  4. Setelah itu, kamu bisa memasangnya ke drive eksternal. Gunakan aplikasi Install OS X. Installer akan terbuka secara otomatis setelah mengunduhnya.

Nah seperti itulah cara menginstall OS X ke disk eksternal. Kamu sudah coba?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong