Home Editorial Apakah Mac Mini Layak untuk Dibeli?

Apakah Mac Mini Layak untuk Dibeli?

Apakah Mac Mini Layak untuk Dibeli?

Membeli perangkat komputer Mac mungkin menjadi kebutuhan sebagian orang. Apa yang ada di benak mereka? iMac yang simpel dan bongsor, atau MacBook yang ringan dan mudah dibawa-bawa?

Apapun itu pasti diantara banyak alasan adalah masalah harga. Ya, produk Apple memang terkenal akan harganya yang sangat tidak masuk akal, setidaknya jika dibandingkan dengan produk sejenis dari produsen lain. Namun, apakah kamu pernah melirik Mac Mini?

Mac Mini adalah komputer mini buatan Apple yang ditujukan untuk penggunaan desktop rumahan. Sesuai namanya, Mac Mini didesain sangat ringkas dari komputer iMac. Namun secara spesifikasi, kemampuannya masih bisa diperhitungkan.

Yang membuatnya menarik adalah tentu saja harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan iMac apalagi MacBook. Yuk kita simak apakah dibalik harganya yang murah, Mac Mini adalah produk yang layak untuk dibeli.

Spesifikasi Mac Mini

Dijual mulai dari spesifikasi Intel Core i5 1.6 Ghz dan RAM 4GB hingga Intel Core i5 2.8 Ghz dan RAM 8 GB membuatnya menjadi komputer mini yang punya kemampuan lebih dari cukup untuk digunakan dalam berbagai kegiatan seperti mengolah dokumen, membuat presentasi dan laporan keuangan, hingga mengembangkan aplikasi iOS dan OS X.

Kamu juga tidak akan kesulitan untuk menyimpan berbagai file hingga menginstall Windows melalui Boot Camp karena sudah dilengkapi dengan harddisk 500 GB hingga 1 TB.

Jadi secara spesifikasi internal, Mac Mini tidak akan mengalami masalah berarti untuk mengerjakan berbagai tugas harian. Performa bisa dibilang cukup bagus.

Fitur Mac Mini

Berbagai fitur disematkan dalam si kecil yang tangguh ini. Dalam paket penjualan, kamu sudah mendapatkan mesin yang sudah terpasang OS X. Jadi, kamu sudah siap untuk mengolah dokumen, membuat laporan keuangan, membuat presentasi, browsing, email, dan lain lain. OS X sudah terpasang puluhan aplikasi pendukung yang sangat membantu kehidupanmu.

Apakah Mac Mini Layak untuk Dibeli?

Port-port ekspansi di Mac Mini juga terbilang lengkap. Ada empat buah USB 3.0, HDMI, Dua buah Thunderbolt, Ethernet, Slot kartu SDXC, Audio jack, hingga penerima inframerah. Sangat lengkap kan? Kamu nggak bakalan kehabisan port di Mac Mini ini.

Kelengkapan Paket Penjualan Mac Mini

Nah, dibalik harganya yang “murah” ini, ada hal yang dikorbankan. Dalam paket penjualan, kamu hanya akan mendapatkan sebuah Mac Mini (seperti kita membeli CPU Komputer) dan kabel daya saja. Jadi nggak ada layar monitor, mouse, dan keyboard? Nggak ada!

Apakah Mac Mini Layak untuk Dibeli?

Jadi, kamu harus beli layar, keyboard, dan mouse secara terpisah. Tapi untungnya kita tidak harus membeli perlengkapan tambahan itu dengan merek Apple. Kita bisa membeli dari merek lain asalkan bisa berjalan dengan baik.

Mac Mini Layak?

Agak sulit untuk menentukan apakah produk ini layak atau tidak untuk dibeli karena dalam paket pembelian hanya mendapatkan paket Mac Mini beserta kabel dayanya saja. Namun jika kamu sebelumnya sudah punya monitor, keyboard, dan mouse hal ini bukan masalah. Selain itu kita juga bisa membeli perangkat-perangkat tersebut dari merek lain sehingga bisa menghemat biaya.

Jika memperhatikan dari sisi harga juga, saya rasa Mac Mini ini sangat layak dibeli dan digunakan sebagai komputer rumah. Di samping itu juga Mac Mini dilengkapi Harddisk yang berukuran besar sehingga kita bisa menginstall Windows tanpa takut kekurangan kapasitas.

Nah, Mac Mini ini cocok buat kamu yang ingin perangkat komputer Mac dengan harga yang sangat terjangkau. Bagaimana menurutmu?

Bagaimana?

 

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong