Home iPad Gmail untuk iOS Mendapatkan Fitur Keamanan Baru yang Penting

Gmail untuk iOS Mendapatkan Fitur Keamanan Baru yang Penting

Fitur Push Mail Untuk Gmail Hadir Kembali di iOS 11

Beberapa minggu ini pengguna Mac tengah dipusingkan oleh Ransomware yang menyerang MacOS. Ini menuntut kewaspadaan lebih tinggi, terutama dalam berselancar di Internet. Ransomware semacam ini selalu diawali dengan mengklik tautan yang mencurigakan atau juga mendownload program tertentu. Untuk meningkatkan keamanan dalam mengatasi hal semacam ini, Google melakukan peningkatan keamanan terhadap aplikasi Gmail, utamanya dalam menghadapi phishing.

via 9to5mac

Jika kamu belum familiar dengan istilah ini, phishing adalah tindakan meniru situs web yang populer dengan tujuan untuk meminta identitas login, misalnya ID dan password Facebook atau Google. Situs phishing biasanya dibangun sangat mirip dengan aslinya dan kebanyakan menggunakan nama yang mirip, namun ejaan yang salah (Contohnya: Maccpoin.com kemungkinan adalah versi phishing dari Macpoin.com). Namun dalam banyak kasus, bisa jadi situs ini benar-benar mirip dan pintar dalam menyembunyikan tautan palsu tersembunyi, apalagi jika diklik dari email.

Sebenarnya update ini sudah diberikan pada aplikasi Gmail untuk Android sejak Mei yang lalu. Namun baru Agustus ini Gmail untuk iOS mendapatkan peningkatan fitur serupa.

Bagaimana cara kerjanya? Jika kamu mengklik link dalam email, maka akan muncul dua tingkat peringatan yang berbeda.

Jika Google mengetahui bahwa situs tersebut adalah phishing, maka akan muncul pesan:

The site you are trying to visit has been identified as forgery, intended to trick you into disclosing financial, personal, or other sensitive information. (Situs yang coba Anda kunjungi diidentifikasi sebagai palsu, dimaksudkan untuk menipu Anda agar memberikan informasi finansial, pribadi, atau informasi sensitif lain).

Jika situs dianggap mencurigakan tapi Google tidak yakin 100%, maka peringatan yang ditampilkan adalah:

This link leads to an untrusted site. Are you sure you want to proceed? (Link ini mengarah ke situs yang tidak terpercaya. Anda yakin ingin melanjutkan?)

Untuk situs phishing yang diidentifikasi, terdapat link untuk melaporkan false positive.

Jika kamu khawatir terkena phishing, maka salah satu cara terbaik lain untuk menghindari phishing adalah mem-bookmark website favorit kamu, misalnya Macpoin ini. Dengan demikian kamu akan terhindar dari kemungkinan salah ketik yang menjadikan kamu terkena phishing saat mengakses website. Tentu saja jika kamu adalah pengguna gmail, maka update terbaru ini akan membantu menghindarkan phishing di perangkat iOS milikmu.

Sumber: 9to5Mac

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I'm into introversion.. Totally!..