Home Mac Cara Akses dan Membuka Telegram Web yang Diblokir

Cara Akses dan Membuka Telegram Web yang Diblokir

Cara Akses dan Menggunakan Telegram Web yang Diblokir

Beberapa waktu lalu membuka berita, Telegram secara resmi diblokir oleh pemerintah Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah membuka banyak sekali aktivitas yang berhubungan dengan terorisme yang mengandalkan layanan Telegram.

Ketika tulisan ini dirilis, Telegram di aplikasi Android dan iOS masih bisa digunakan, namun telegram web yang hanya bisa kamu akses di web browser sudah diblokir. Apakah Telegram yang diblokir ini tidak bisa diakses dan dibuka sama sekali?

Baca Juga:

Seperti yang kita ketahui, tidak semua orang setuju dengan pemblokiran ini, atau bisa dibilang hampir semua orang. Telegram membawa kelebihan dan keunikan tersendiri seperti dukungan bot dan beragam fitur unik lain.

Saya pribadi memang tidak terlalu menggunakan Telegram sebagai media chatting antar teman, namun lebih banyak menggunakan Telegram untuk komunikasi grup seperti komunitas Ubuntu, Android, Xamarin Indonesia, dan lain-lain.

Dengan diblokirnya Telegram, maka saya akan kehilangan akses ke berbagai grup dan komunitas tersebut. Daripada mencari alternatif layanan chatting, lebih baik mencari cara bagaimana cara menggunakan Telegram meskipun sudah diblokir di Indonesia.

Ketika saya mendengar pemblokiran Telegram oleh pemerintah Indonesia, saya langsung mencoba membuka Telegram Web dan benar saja, sudah tidak bisa diakses menggunakan jaringan beberapa operator seluler.

Cara Akses dan Menggunakan Telegram Web yang Diblokir

Namun dengan sedikit tips dan trik, kamu bisa membuka Telegram Web dengan cara yang sangat mudah. Saya pribadi menggunakan layanan VPN yang ada di browser Opera atau juga di browser Chrome.

Opera sudah memiliki layanan VPN gratis yang bisa kamu gunakan secara langsung, tanpa perlu install extension atau plug in apapun. Kamu bisa menggunakannya dengan mudah semudah menekan tombol.

Cara Akses dan Menggunakan Telegram Web yang Diblokir

Voila, kamu sudah bisa mengakses Telegram Web yang diblokir. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa baca artikel berikut ini. Baca: Tutorial Mudah Cara Mengaktifkan VPN Gratis di Opera.

Untuk Google Chrome memang tidak dilengkapi dengan VPN secara langsung, namun kamu bisa menggunakan layanan pihak ketiga seperti TunnelBear VPN. Hasilnya juga sama, kamu tetap bisa membuka Telegram meskipun sudah diblokir oleh pemerintah Indonesia.

Cara Akses dan Menggunakan Telegram Web yang Diblokir

Jika kamu pengguna sejati Chrome dan ingin mencoba TunnelBear VPN, kamu bisa baca tutorial lengkapnya di artikel ini. Baca: Cara Membuka Blokir Situs Internet di Chrome PC & Mac.

Tips dan trik yang ada di atas tersebut hanya berlaku untuk penggunaan di dalam browser saja ya. Itu artinya, ketika aplikasi Telegram sudah diblokir, kamu tidak akan bisa menggunakan tips cara membuka blokir yang ada di atas.

Bagaimana? Sudah coba? Apakah kamu punya tips lain cara membuka blokir telegram yang lebih baik? Bagikan di kolom komentar ya 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode